Sukses

Apakah Batuk Kering Membahayakan?

19 Feb 2016, 10:57 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat siang dokter,saya sudah merasakan BaPil(Batuk Pilek) sudah 3 hari dan selama hari tersebut saya hanya meminum obat apotik saja di susul dengan radang tenggorokan,setelah radang tenggorokan dan flue membaik batuk saya tak kunjung membaik sehingga pada saat batuk dada tersa sakit dan leher juga demikian, yang ingin saya tanyakan apakah batuk kering berbahaya bagi kesehatan organ lainnya dok? Terima kasih

Halo, terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama batuk kering ini Anda rasakan? Adakah waktu spesifik terjadinya batuk kering, seperti pada pagi hari atau malam hari saja? Apakah Anda memiliki riwayat alergi, atau adakah hal yang memicu batuk Anda?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk yang Anda alami dapat disebabkan oleh hal berikut:

  • Alergi (dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak)

  • Asma

  • Infeksi: Tuberkulosis (TBC) ataupun infeksi Mikoplasma

  • Bronkitis (radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru)

  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease): Penyakit reflux biasanya disertai keluhan rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembung. 

  • Penggunaan obat tertentu (ACE inhibitor) 

  • Post Nasal Drip (ada cairan di belakang hidung) 

Kami menyarankan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter umum agar dapat dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan fisik yang dapat mengarah ke diagnosis. Mungkin juga diperlukan pemeriksaan radiologi dada atau laboratorium.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat membantu Anda.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar