Sukses

Nutrisi Selama Kehamilan
20 Feb 2016, 23:36 WIB
Wanita, 23 tahun.

Ada teman saya yg sedang hamil, saya bermaksud menyarankan nutrilite, tapi dia takut kelebihan nutrisi semasa kehamilan. Saya mau minta info tentang banyaknya nutrisi harian ibu hamil yg diperlukan setiap hari, seperti protein, kalsium, vit b compleks, asam folat dll. Thx u :D

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Suplemen bersifat sebagai makanan tambahan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hami untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika asupan gizi dan kondisi kesehatan ibu baik, maka ibu tidak perlu khawatir. Asupan terbaik untuk janin adalah makanan bergizi yang dimakan. Suplemen yang umum diberikan adalah zat besi dan asam folat, serta vitamin B6 (untuk mual). 

Secara keseluruhan, zat-zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil antara lain:

  1. Makanan dengan kalori tinggi. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan sekitar 300 kalori/hari.
  2. Protein. Ibu hamil membutuhkan sekitar 75 gram protein/hari. Peningkatan kebutuhan kalori ini dapat dipenuhi dengan meningkatkan makanan yang kaya akan protein hewani dan nabati, seperti daging, ikan, telur, susu, keju, kacang-kacangan, tempe, tahu, dll
  3. Asam folat. Ibu hamil membutuhkan 600 mg folat/hari. Asupan asam folat ini dapat diperoleh dari suplementasi asam folat atau dari sayuran berwarna hijau seperti bayam, asparagus, jus jeruk, buncis, kacang-kacangan, roti gandum, dll. Asupan asam folat ini penting untuk mencegah cacat pada otak dan tulang belakang janin.
  4. Zat besi. Ibu hamil membutuhkan sekitar 27 mg zat besi/hari. Asupan zat besi ini dapat diperoleh dari suplemen, ataupun dari daging merah, ikan, unggas, kacang-kacangan, dll.
  5. Zinc. Ibu hamil dengan kadar zinc yang rendah dalam makanannya berisiko untuk melahirkan bayi prematur dan bayi dengan berat lahir rendah. Zinc dapat ditemukan secara alami pada daging merah, gandum utuh, kacang-kacangan, polong-polongan, dan lainnya.
  6. Kalsium. Kebutuhan kalasium ibu hamil adalah sekitar 1000 mg/hari. Kalsium ini dapat diperoleh dari susu, keju, yoghurt, dll.
  7. Vitamin. Ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dengan dosis sekitar:
  • Vitamin A : 770 mcg/hari
  • Vitamin B : 1,4 mg/hari
  • Vitamin C : 85 mg/hari
  • Vitamin D : 5 mcg/hari
  • Vitamin E : 15 mg/hari

Selain pentingnya ibu menjaga berat badan dan asupan ideal, yang terutama adalah melihat pertumbuhan ukuran termasuk berat badan janin yang sebaiknya sesuai dengan usia kehamilan. Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar