Sukses

Sakit Telinga

17 Feb 2016, 10:56 WIB
Pria, 23 tahun.

Awalnya saya mengorek telinga kiri pakai tangan (tdk cuci tangan dan tdk ada kuku). Hal ini saya lakukan ktn telinga gatal. trus smpet lecet di bagian luar. Stlh itu saya korek dgn cotton bud yg di beri air dgn prlhan, tp seperti ada yg trkna lalu skit sesaat membuat sy kaget. Lalu telinga saya terasa nyeri. Smpai dua hari ini nyeri timbul di skitar daun telinga dn blkg telinga jika tertekan. Skit jg ktika tiba2 menelan, u/ menelan biasa dan menguap biasa tdk sakit. Tlinga trsa berat dan skit juga sesaat sj ktika sdg diam. Pertanyaan: 1. Apakah ini bisa menandakan gendang telinga sy pecah? 2. Atau ini namanya sakit apa? 3. Bahayakah meniup udara ke telinga dgn menutup hidung? (Yg sy rasakan adalah telinga kanan dan kiri Beda. Udara trtahan tp kadang ada bunyi ky udara keluar) Info: -saya bkn tipe tdk suka membersihkan telinga -sering pakai headseat, bahkan sampai tdr. Tp suara normal musik normal dan jnis musik lembut -kebiasaan saya juga meniup udara ke telinga dgn menutup hidung. -saya smpat meneteskan air yg cukup hngat pada pagi hari di hari kedua ini. -tdk keluar cairan atau darah sampai saat ini.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Terdapat beberapa penyakit yang dapat menyebabkan keluhan nyeri pada telinga.

1.    Otitis Eksterna yaitu infeksi pada telinga bagian luar, dapat disebabkan oleh jamur ataupun bakteri. Pada infeksi telinga bagian luar akan terasa nyeri apabila daun telinga ditarik. Biasanya kelainan yang ada menyerupai bisul yang ada di daun telinga atau liang telinga. 

2.    Infeksi pada telinga bagian tengah

Hal ini terjadi akibat adanya sumbatan pada muara tuba eustachius (saluran yang menghubungkan ruang telinga tengah dengan tenggorokan) oleh lendir atau pembengkakan dinding belakang tenggorokkan pada saat batuk pilek atau terserang rinitis dan atau radang tenggorokan.

Otitis Media ini terbagi dalam 5 stadium dengan penatalaksanaan yang berbeda pada tiap stadiumnya.

  1. Stadium oklusi tuba eustachius
    • gendang telinga terasa tertarik
    • ada perasaan seperti ada air dalam telinga
  2. Stadium hiperemis
    • nyeri pada telinga
    •  terasa terasa penuh dan berdenging
  3. Stadium supurasi
    • nyeri atau rasa tidak nyaman pada telinga semakin berat
    • disertai gejala umum : demam,
  4. Stadium perforasi
    • gendang telinga robek atau pecah
    • Keluar nanah dari telinga tengah.
    • Nyeri berkurang, suhu badan turun, dan dapat tidur nyenyak.
  5. Stadium resolusi
    • Bila gendang telinga tetap utuh atau tidak terjadi robekan, maka perlahan-lahan akan normal kembali.
    • Bila terjadi perforasi, maka sekret akan berkurang dan mengering.
    • Kesembuhan total dapat terjadi tanpa pengobatan bila kuman lemah dan daya tahan tubuh baik.

Berdasarkan cerita yang anda paparkan sepertinya anda menderita infeksi liang telinga bagian luar atau disebut otitis eksterna. Mengenai pengobatan otitis externa  biasanya dokter akan memberikan obat tetes telinga,antibiotik,dan obat anti inflamasi.

Namun tentu ini hanya merupakan salah satu kemungkinan diagnosis, karena untuk menegakkan diagnosis diperlukan pemeriksaan langsung oleh seorang dokter. Pada dasarnya kebiasaan mengorek telinga dengan cutton bud tidak dsarankan oleh dokter. Kami menyarankan agar Anda berobat ke dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis THT, karena untuk mendapatkan diagnosis yang tepat perlu dilakukan pemeriksaan langsung. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar