Sukses

Sakit Gigi pada Anak

16 Feb 2016, 14:02 WIB
Pria, 31 tahun.

saya sebagai ortu punya sakit gigi..kenapa anak2 saya ke dua2nya masih kecil juga udah punya sakit gigi juga...???? tolong di jawab ya buk..trima kasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi anak-anak Anda. Sakit gigi pada anak biasanya disebabkan oleh karena gigi berlubang yang tidak dirawat dan kemudian terjadi infeksi. Bila gigi telah mengalami kerusakan apalagi sampai terasa sakit maka perlu dilakukan pemeriksaan dan perawatan oleh dokter gigi Apabila kondisi gigi yang berlubang sesuai indikasi penambalan dan anak cukup kooperatif dalam menjalani perawatan, maka mungkin saja akan dilakukan perawatan penambalan untuk gigi-giginya yang berlubang.

Usaha pencegahan tentu saja lebih baik dari pada pengobatan, maka sebaiknya Anda merawat gigi anak Anda dengan lebih seksama. Hindari beberapa kebiasaan buruk yang dapat membuat gigi berlubang seperti minum susu atau minuman manis dalam botol dot sampai tertidur, hindari konsumsi permen atau coklat serta makanan manis lainnya yang mengandung gula, sikat gigi 2 kali sehari pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Pemeriksaan ke dokter gigi sebaiknya dilakukan sejak gigi pertama anak muncul. Kunjungan dilakukan berkala dalam 6 bulan sekali namum apabila giginya telah rusak dan sakit seperti yang anak Anda alami maka kunjungan dilakukan dalam 3 bulan sekali, hal ini dikarenakan  proses gigi berlubang pada anak dapat terjadi secara cepat dan invasif. 

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca

Perilaku Ibu Tentukan Kesehatan Gigi Anak

Nge-Dot Pada Anak Sebabkan Gigi Rusak

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar