Sukses

Alergi Pada Anak
14 Feb 2016, 14:04 WIB
Wanita, 3 tahun.

dok anak saya mulai bayi sampai sekarang perutnya agak kembung,, ketika masih bayi dia tergolong sangat rewel,, kemudian setelah satu bulan babnya berubah warna sampai sekarang, sudah di bawa ke DSA di vonis alergi susu sapi, tapi kalau saya amati dok ketika dia berada di udara yang panas selalu gatal2 mukanya,, kemudian kalau udaranya dingin dia selalu grok2.. mohon solusinya dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai kondisi anak Anda. Gejala alergi itu bermacam-macam. Bila alergi makanan, maka tentunya munculnya gejala akan terkait dengan riwayat baru saja mengonsumsi suatu jenis makanan. Pada anak-anak, cukup sering ditemukan gejala alergi susu sapi. Tandanya yaitu muncul kemerahan, gatal, dll pasca meminum susu sapi. Bentuk alergi lain juga ada, misalnya alergi kulit (Dermatitis atopik), yang bisa muncul akibat makanan, tungau debu, perubahan suhu, dan gejala alergi kulit ini timbul berupa ruam kemerahan pada area yang terkena alergi. Bila Anda cemas anak sering berbunyi saat sedang dingin, yang dikhawatirkan juga adalah alergi di saluran pernapasannya yang bisa dicetuskan akbat suhu dingin. Apakah mungkin anak memiliki beberapa macam alergi? Jawabannya, mungkin saja. Terutama bila kedua orang tuanya memiliki riwayat alergi juga.  Apakah Anda dan suami memiliki alergi tertentu? Apakah terdapat asma, riwayat bersin tiap pagi hari, alergi makanan, sering gatal di lipatan kulit? Namun untuk menentukan apakah yang terjadi pada anak Anda adalah alergi atau tidak, harus diperiksa secara langsung kelainan kulit yang timbul karena gambaran ruam merah dan gatal yang timbul akibat alergi bisa dibedakan dengan kemerahan pada kondisi lainnya.

Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu. Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),
  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan
  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

  • - Sakit perut
  • - Mual
  • - Muntah
  • - Sesak napas atau mengi
  • - Ruam, bengkak, gatal pada kulit
  • - Diare

Reaksi lambat alergi susu sapi umumnya disebabkan oleh respon hipersensitivitas non antibodi IgE dan berlangsung dalam hitungan jam atau hari setelah konsumsi susu. Gejalanya antara lain:

  • - Penurunan berat badan
  • - Pertumbuhan terhambat
  • - Ruam kulit seperti eksim
  • - Menolak makan
  • - Diare
  • - Kolik perut
  • - Mudah marah dan rewel

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya). 

Berikut kami jelaskan secara singkat seputar alergi kulit.Dermatitis atopik (DA) merupakan kelainan kulit yang sering terjadi pada bayi dan anak, yang biasa ditandai oleh rasa gatal, penyakit sering kambuh, dan distribusi lesi yang khas. Penyebab yang jelas dari DA belum diketahui, tetapi diduga berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan seperti:

  • Makanan. Hampir 40% bayi dan anak dengan dermatitis atopik sedang maupun berat mempunyai riwayat alergi terhadap makanan.

  • Alergen Hirup. Contohnya adalah tungau debu rumah,  bulu binatang peliharaan, dan hamur atau ragweed di negara-negara dengan empat musim.

  • Infeksi Kulit. Penderita dengan dermatitis atopik mempunyai kecenderungan infeksi kulit oleh Staphylococcus aureus, virus dan jamur.

Apakah muncul kemerahan pada pipi anak tersebut terjadi pasca anak meminum susu sapi? Bila Ya, besar kemungkinan gejala alergi yang timbul tersebut adalah akibat susu sapi. Apabila keluhan pada anak Anda terus berlanjut, kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis anak agar dapat diketahui penyebab dan penanganan yang tepat atas keluhan pada anak Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar