Sukses

Haid Tidak Berhenti

14 Feb 2016, 11:56 WIB
Wanita, 26 tahun.

Selamat siang dokter, bulan Oktober kemarin saya baru melahirkan, dan iku KB suntik 3 bln pada bulan November. Pada satu setengah bulan sebelumnya saya tidak menstruasi sama sekali. Kemudian saya melakukan pijat badan dan perut dok, kalo kata orang tua dulu itu bisa membetulkan letak rahim yang bergeser. Setelah pijat itu saya jadi menstruasi terus menerus dok sampai saat ini. Jadwal suntik kembali KB saya tgl 10 bulan Februari tapi saya tidak suntik lahi dok karena menstruasi saya tidak berhenti sama sekali. Apa itu berbahaya dok? Kapan dan Bagaimana agar mens saya berhenti dok?

 

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Siklus menstruasi normal berkisar antara 21-35 hari dan berlangsung selama 3-7 hari. Siklus menstruasi yang tidak teratur umumnya terjadi akibat gangguan keseimbangan hormonal yang dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

  • pada 3-5 tahun pertama setelah menstruasi pertama
  • perempuan dengan gangguan makan (seperti anoreksia nervosa, bulimia)
  • perempuan dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30
  • stres psikologis
  • atlit
  • kekurangan vitamin K
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • kelainan pembekuan darah
  • gangguan hormon tiroid, dsb

Periode menstruasi memanjang dan berat dalam bahasa medis disebut menoragia, yaitu menstruasi berlangsung lebih panjang dari 7 hari. Penyebabnya sangat bervariasi, mulai dari penyebab organik, endokrinologik (hormonal), anatomik, hingga tindakan medis tertentu. 

Kapan Anda mulai haid yang tidak berhenti-henti ini?  Hal ini harus segera dikonfirmasi dengan pemeriksaan USG untuk mengetahui apakah terdapat massa dalam rongga rahim atau hanya merupakan kelainan hormonal. Maka, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mengevaluasi berbagai kemungkinan penyebabnya agar dapat dilakukan tatalaksana secara optimal. Perlu dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan USG untuk mengetahui masalah yang Anda alami. Setelah mengetahui penyebabnya maka dapat ditentukan segera penanganannya.

Untuk menambah wawasan Anda, berikut adalah beberapa artikel yang dapat membantu menjelaskan beberapa gangguan haid dan topik menarik terkait haid:

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar