Sukses

Mengonsumsi Susu Menyusui Selama Hamil?
14 Feb 2016, 10:19 WIB
Wanita, 25 tahun.

saya sedang hamil sudah 38 minggu kebetulan saya mengkonsumsi susu prenagen mommy rasa coklat , yang mau saya tanyakan apakah boleh disaat masih hamil tp saya mengkonsumsi susu prenagen yang lactamom? yg menyusui ? bahaya tidak untuk bayi yg masih ada dalam kandungan saya ? terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pemberian suplemen ibu hamil dan susu ibu hami adalah untuk membantu kebutuhan zat-zat gizi yang diperlukan ibu dan perkembangan janin.

Wanita hamil harus mengonsumsi makanan bergizi lengkap (karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral) dengan banyak variasi. Kurangnya asupan zat gizi saat hamil dapat mengganggu proses tumbuh kembang janin dalam kandungan. Setiap wanita hamil membutuhkan tambahan kalori sekitar 300 kalori/hari yang dapat diperoleh dari sumber manapun termasuk susu. Kalori tersebut digunakan untuk metabolisme tubuh ibu dan pertumbuhan serta perkembangan janin.

Pada prinsipnya adalah Anda perlu mendapat asupan nutrisi yang cukup selama kehamilan. Cara terbaik adalah dengan makan makanan yang seimbang, terdiri dari sumber karbohidrat (nasi, roti, ubi), protein (ikan, daging, kacang-kacangan), lemak (minyak, lemak daging, santan), sayur-sayuran, dan buah-buahan. Selain itu, Anda perlu juga mengkonsumsi suplemen ibu hamil. Suplemen yang diperlukan dapat diperoleh dari tablet multivitamin khusus untuk ibu hamil yang diberikan oleh dokter atau bidan Anda. 

  • Untuk trimester pertama, Anda perlu asupan asam folat yang cukup untuk perkembangan syaraf janin.

  • Untuk trimester kedua dan ketiga, Anda perlu asupan Calcium dan Ferrum (besi) yang cukup.

Umumnya 'susu hamil' dibuat khusus untuk ibu hamil karena mengakomodasi kebutuhan yang ada untuk selama kondisi kehamilan. Meskipun secara umum kandungan susu baru yang rencananya Anda konsumsi tersebut tidak membahayakan janin Anda, Anda bisa kekurangan nutrisi khusus ibu hamil yang lebih banyak terkandung dalam susu khusus untuk kehamilan (contohnya zat besi, yang lebih tinggi pada susu hamil, dan penting untuk ibu hamil trimester akhir karena persalinan kemungkinan besar menyebabkan kehilangan darah).Menjelang hari persalinan yang sudah sangat dekat, kami menyarankan Anda mengonsumsi susu khusus hamil saja, dan susu menyusui tersebut dapat Anda mulai setelah persalinan. Anda juga dapat mengonsultasikan nutrisi selama kehamilan Anda secara lebih lanjut kepada dokter kandungan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar