Sukses

Anak 3 Tahun Perlu ke Dokter Gigi ?

14 Feb 2016, 11:32 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok,mau tanya anak saya sampai sekarang semenjak tumbuh gigi belum pernah saya ajak ke dokter gigi ..apakah di usia 3 tahun ini boleh saya ajak ke Drg untuk konsultasi ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir Ibu. Masa pertumbuhan dan perkembangan anak adalah masa dimana tubuh anak membutuhkan tidak hanya nutrisi yang baik tetapi juga perawatan dan pemeliharan yang tepat. Dalam masa ini tentu saja orangtua harus memberikan perhatian guna mendukung proses tumbuh kembang anak dapat optimal. Gigi dan mulut adalah bagian dari kesatuan gigi dan wajah (dentofasial) yang pertumbuhannya melalui beberapa fase dan berkaitan erat dengan pola makan anak.

Aktivitas mengunyah dengan gigi susu memberikan aksi yang membantu perkembangan dan pertumbuhan disekitar daerah pengunyahan tersebut. Selain berfungsi untuk pengunyahan dan asimilasi makanan secara mekanik, gigi susu mempunyai beberapa fungsi lainnya yang berhubungan dengan perkembangan dan pertumbuhan  yaitu mempertahankan ruangan untuk tumbuhnya gigi tetap sehingga pada saatnya nanti gigi tetap dapat tumbuh secara baik dan membantu perkembangan dalam berbicara dimana kehilangan gigi susu depan sebelum waktunya dapat menghambat anak dalam pengucapan huruf f,v,w,s dan z.

Pada usia anak Ibu yang telah menginjak tiga tahun maka anak sudah dapat dibawa ke doker gigi atau dokter gigi spesialis anak, dimana kunjungan ini bertujuan untuk melakukan deteksi dini bila ada kerusakan pada gigi anak yang telah terjadi dan belum menimbulkan gejala. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam.

 

0 Komentar

Belum ada komentar