Sukses

Riwayat Alergi Susu Sapi

14 Feb 2016, 09:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

Pagi dok anak saya laki2 usia 1 tahun pada usia 5 bulan saya beri sufor beberapa menit kemudian terjadi bintik merah pada pipi sekitar mulut dan sekitar mata pd hari ke 2 jg sperti itu dan pada saat mpasi pertama saya beri milna penambah berat badan juga seperti itu lalu saya stop dan sufor saya ganti soya pada usia 8 bulan mulai saya berikan mpasi dgn berbagai macam sayur daging dan ikan tapi ikan tuna salmon udang Aufa jg merah2 Dan sekarang di usia 1 tahun Aufa sdh tidak bentol merah2 saat minum susu sapi apakah sekarang sudah tidak alergi lagi apakah sudah bisa ganti ke susu sapi bukan soya lg?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Yang anak anda alami dulu memang besar kemungkinan kondisi alergi susu sapi. Untuk itu kami akan menjelaskan sedikit mengenai penyakit ini.

Alergi susu sapi merupakan reaksi sistem pertahanan tubuh terhadap faktor (fraksi protein) yang terkandung dalam susu.

Anak dapat mengalami gejala alergi susu langsung setelah mengonsumsinya (reaksi cepat) dan sebagian lainnya gejalanya baru muncul setelah beberapa jam atau beberapa hari setelah konsumsi susu (reaksi lambat).

Gejala alergi susu sapi biasanya muncul beragam, namun ada 3 gejala yang tersering muncul. Diantaranya adalah:

  1. Gejala pada saluran pencernaan adalah gejala tersering (50-80%),

  2. Diikuti dengan gejala pada kulit (20-40%), dan

  3. Saluran pernapasan (4-25%).

Gejala reaksi cepat alergi susu sapi muncul dalam hitungan menit atau jam setelah mengonsumsi susu sapi dan umumnya disebabkan oleh respon antibodi IgE terhadap protein susu. Gejalanya antara lain:

  • - Sakit perut

  • - Mual

  • - Muntah

  • - Sesak napas atau mengi

  • - Ruam, bengkak, gatal pada kulit

  • - Diare

Anak yang mengalami alergi susu sapi yang melibatkan antibodi IgE memiliki risiko besar mengalami alergi terhadap lingkungan (polutan, debu, dan lainnya).

Lalu, dari data yang Anda berikan, sekarang anak Anda sudah tidak bentol-bentol merah saat minum susu sapi. Pertanyaan kami, apakah Anda sudah memberikannya cukup rutin (lebih dari 3 hari?)  dan tidak sama sekali muncul bintik merah? Bila Ya, maka cukup aman untuk meneruskan susu sapi tersebut, namun sebaiknya Anda masih waspada atas kemungkinan gejala alergi yang timbul, dan tidak memberikan susu sapi tersebut dalam jumlah terlalu besar (berikanlah sedikit-sedikit sambil melihat efeknya). Ada baiknya juga Anda memeriksakan langsung kondisi kesehatan anak Anda pada dokter spesialis anak untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih komprehensif.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar