Sukses

Nyeri Pinggang Dalam Bulan Kedua Pernikahan

14 Feb 2016, 09:24 WIB
Wanita, 23 tahun.

Salam.. Dokter. Saya baru menikah sekitar 2 bulan.. Pada awal bulan k 2, saat berhubungan dengan suami, perut saya sakit, bagian perut bawah dalam terasa seperti di tonjok, setelahnya, pinggang dan panggul sakit dan sering pegal, perut sering keram hingga sekarang hampir 2 minggu.. Kaki dan tangan sering kebas dan kesemutan, mudah lelah. Saya kenapa ya dok? Lalu kepala bagian belakang sering sakit dan daerah aleora terdapat benjolan kecil sekitar 3 bnjolan seperti jerawat, namun berwarna putih, pernah suatu hari saya pencet mengeluarkan cairan sprti getah lalu berangsur bening, normalkah?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Sakit pinggang yang terjadi setelah berhubungan intim mungkin saja disebabkan oleh sakit pinggang yang timbul setelah beraktivitas. Umumnya disebabkan karena kelelahan otot akibat posisi atau aktivitas yang berulang-ulang.

Normalnya untuk dapat terjadi suatu gerakan, otot membutuhkan energi yang disalurkan oleh pembuluh darah. Ketika otot harus bekerja lebih berat, sedangkan energi yang dikirimkan tidak dapat mencukupi kebutuhan maka otot akan menggunakan energi cadangan, yang dalam proses metabolismenya akan menghasilkan produk sisa yaitu asam laktat. Asam laktat yang menumpuk akan menyebabkan rasapegal atau nyeri pinggang.

Umumnya kondisi ini dapat teratasi cukup dengan istirahat saja. Namun pada kondisi tertentu dapat pula digunakan obat-obatan, baik obat minum berupa anti nyeri, atau obat luar yaitu salep atau krim yang bersifat sebagai pelega otot.

Jika keluhan ini berlanjut walaupun telah di istirahatkan atau bahkan dengan penggunaan obat, kami mencurigai adanya gangguan lain yang mendasari keluhan Anda. Misalnya penyakit inflamasi panggul (umumnya terjadi akibat infeksi yang menjalar dari vagina ke atas, gejala umumnya adalah nyeri pinggang, dan biasanya terjadi pada orang yang memiliki kebiasaan kurang menjaga higienitas daerah kelamin maupun pasca berhubungan tidak membasuh dengan adekuat), kemungkinan diagnosis lain adalah infeksi saluran kemih (ditandai nyeri berkemih, anyang-anyangan, kencing kemerahan, keluar sedikit-sedikit, juga umumnya terjadi pada pengantin baru yang sering berhubungan intim namun tidak dibarengi penjagaan kebersihan kelamin dengan cukup), selain itu kemungkinan lain adalah adanya kehamilan (apakah menstruasi Anda tetap berlangsung lancar? apakah ada gejala mual muntah?). Kami sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk menyingkirkan adanya gangguan lain yang mendasari keluhan tersebut, dan berkonsultasilah mengenai pilihan terapi yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Salah satunya untuk memeriksa secar langsung mengenai benjolan di areola yang Anda sebutkan, karena untuk membedakan penyebabnya dibutuhkan pemeriksaan secara langsung.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar