Sukses

Patah Tulang dan Sering Mengigau

12 Feb 2016, 20:39 WIB
Wanita, 80 tahun.

Dok.. nenek saya beberapa minggu lalu terjatuh dan kakinya retak sehingga harus beristirahat di kasur selama beberapa minggu. Hal ini membuat beliau tidak bisa bergerak dan sedih. Akhir2 ini beliau sering sekali mengigau dan hampir setiap tidur pasti mengigau. Salah satunya mengigau kalau dia sudah sembuh normal. Ataukah maklum terjadi di orang tua? Ataukah memang ada jenis obat yang membuat beliau sering mengigau? Thanks dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami turut prihatin atas kondisi nenek Anda. Kapan kejadian tersebut terjadi? Di bagian kaki yang manakah yang patah? Apakah ada luka terbuka? Sudahkah memeriksakan nenek Anda ke dokter? Jika iya, apa saran yang diberikan dokter? Pada orang usia lanjut (lansia), terutama perempuan, pada umumnya terjadi osteoporosis yang disebabkan oleh faktor usia, menopaus (kadar estrogen menurun), dan asupan kalsium yang kurang. Osteoporosis merupakan suatu kondisi dimana densitas tulang berkurang dan menyebabkan penderitanya rentan terkena fraktur atau patah tulang jika jatuh. Maka dari itu penting sekali untuk membuat lingkungan yang baik yang mencegah terjadinya jatuh pada lansia. 

Nenek Anda beristirahat di kasur selama berapa lama? Tidak bergerak (imobilisasi) dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko emboli, ulkus dekubitus (luka di punggung), infeksi paru-paru (pneumonia), dan sebagainya. Jika nenek Anda sering mengigau sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk dilakukan evaluasi dan pemeriksaan lebih lanjut. Mengigau bisa saja pertanda terjadi delirium (perubahan kesadaran) akibat penyakit tertentu.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar