Sukses

Obat Untuk Nyeri

14 Feb 2016, 11:33 WIB
Pria, 27 tahun.

Saya mau tanya dokter, Kakak ipar saya mengalami patah tulang di pergelangan kaki bagian belakang, sudah di rawat inap namun nyerinya masih ada, ketika sudah di rumah, saya d kasih resep dokter untuk obat penghilang nyeri yaitu Tramadol, karena kakak ipar saya mengalami alergi ketika d beri obat lain (Ketrolac dan ada beberapa tapi saya lupa nama obatnya), kira2 apakah ada obat penghilang nyeri pengganti selain tramadol karena tramadol termasuk obat jenis narkotika yg dapat menyebabkan kecanduan jd saya sulit mencarinya di apotik atau tempat obat yang lain. Mohon bantuannya, terima kasih.

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

 

Sudah berapa lama kakak Anda mengalami patah tulang? Apakah saat ini masih sangat nyeri? Apakah sudah pernah kontrol ke dokter setelah keluar dari rumah sakit? 

Memang kalau menurut garfik penanganan nyeri, pada nyeri-nyeri berat biasanya akan diberikan obat-obatan golongan opioid (tramadol, morphine, hydrocodon) oleh karena obat-obatan golongan ini kerjanya benar-benar memblokade reseptor nyeri di tubuh sehingga sangat efektif menghilangkan nyeri. Biasanya apabila digunakan dalam jangka waktu yang diberikan oleh dokter tidak maka efek samping adiksi nya biasanya bisa dicegah. Namun, kalau Anda ragu, ada obat-obatan golongon non-opiod analgetik yang bisa diberikan oleh dokter misalnya seperti golongan NSAID , atau misalnya paracetamol yang bukan golongan NSAID (mengingat kakak Anda mungkin alergi terhdapa obat-obatan golongan NSAID seperti ketorolac).

Menurut kami, coba Anda melakukan konsultasi kembali ke dokter yang memberikan obat tersebut, mungkin kalau takut apabila diminum misalnya bisa diberikan obat anti-nyeri semacam patch (seperti koyok; misalnya fentanyl patch) yang bisa ditempel di tubuh untuk menghilangkan nyeri dan coba gunakan dalam waktu sebentar saja, atau saat nyeri tidak dapat ditahan baru diberikan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar