Sukses

Sendawa Dan Jantung Berdebar

14 Feb 2016, 12:25 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok, beberapa hari ini jantung saya berdebar cepat lebih dari 70/menit. dari pagi sampai pagi lagi selalu seperti itu dok, kepala saya agak pusing dan selalu sendawa. jika terkena angin langsung tidak enak badan dok. apa ini karena saya kurang darah atau masuk angin biasa dok?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sudah berapa lama Anda mengalami keluhan ini? Kapan saja keluhan Anda muncul? Saat berdebar apakah ada keluhan lain seperti banyak berkeringat, merasa panik/khawatir/takut//stres? Bagaimana dengan aktivitas Anda? Bagaimana dengan kebiasaan makan Anda?

Detak jantung normal berkisar antara 60-100 x/menit dan dapat bervariasi tergantung usia. Apabila masih dalam kisaran tersebut dan tidak terdapat keluhan lainnya maka Anda tidak perlu khawatir. Sebagai informasi, jantung berdebar memang dapat merupakan pertanda adanya masalah pada jantung. Namun selain itu, jantung berdebar juga dapat disebabkan oleh hal lain:

  1. Adanya serangan panik, rasa khawatir, takut, stres.
  2. Latihan fisik yang terlalu berat.
  3. Konsumsi kafein (kopi), nikotin (rokok), alkohol, obat flu.
  4. Penyakit tiroid, kadar gula darah yang rendah, kurang darah (anemia), tekanan darah rendah, demam atau dehidrasi (kekurangan cairan)
  5. Perubahan hormon seperti selama menstruasi, kehamilan.
  6. Obat-obat pelangsing, asma.
  7. Suplemen herbal dan nutrisi tertentu.
  8. Kadar elektrolit dalam darah yang tidak seimbang/normal.
  9. Makanan tinggi karbohidrat, tinggi gula, tinggi lemak, tinggi  garam dan tinggi MSG.

Adakah salah satu dari faktor di atas yang terjadi pada Anda? Jika keluhan Anda telah terjadi dalam waktu yang lama, rutin dan mengganggu, saya sarankan Anda mengunjungi dokter. Dokter akan melakukan wawancara meis yang mendetil dan pemeriksaan lengkap seperti pemeriksaan denyut nadi dan pemeriksaan bunyi jantung. Namun, apabila hasil rekam jantung Anda menunjukkan hasil normal, mungkin Anda perlu memperhatikan penyebab-penyebab di atas sebagai beberapa penyebab yang mungkin menyebabkan keluhan Anda.

Selanjutnya mengenai sendawa, dalam dunia medis dikenal dengan istilah aerophagia. Meskipun bukan penyakit, bersendawa bisa membuat seseorang tidak nyaman dan malu terbentur kesantunan. Untuk itu perlu diketahui penyebab dan bagaimana cara mengatasi gangguan ini, berikut beberapa cara sederhana yang bisa menjadi pilihan:

Diet
Bersendawa biasanya disebabkan oleh kelebihan asupan makanan yang mengandung gas seperti soda, buah mentah, jus buah seperti jus apel, kacang polong dan lain-lain. Karena itu, perhatikan diet yang dilakukan selama beberapa hari untuk mengenali tipe makanan yang membuat bersendawa. Cara ini bisa membantu untuk mengurangi sendawa.

Asupan udara
Menelan terlalu banyak udara melalui mulut merupakan salah satu penyebab sendawa. Udara bisa masuk melalui berbagai cara, seperti saat merokok, mengunyah permen karet atau makan terlalu cepat.

Hindari berbaring setelah makan
Hindari berbaring atau tidur setelah makan. Lebih baik jalan sebentar atau duduk dengan posisi mendekati lutut selama 10 menit. Cara ini membantu mencerna makanan dengan lebih baik. Selain itu, pastikan mengunyah dan makan secara perlahan untuk mencegah masuknya udara terlalu banyak. Hindari pula merokok dan stress berlebih.

Konsumsi Jahe
Konsumsi jahe atau biji adas, sepotong jahe kering atau permen jahe setelah makan. Cara ini bisa membantu mengurangi gas di lambung dan meredakan masalah sendawa. Cara ini juga bisa meredakan rasa sakit di perut akibat bersendawa.

Cobalah untuk berolahraga kecil yang membantu mengeluarkan udara dari perut. Berbaringlah dalam posisi terlentang kemudian angkat dan tekankan lutut ke dada. Ulangi latihan ini sebanyak 10 kali. Cara ini dinyatakan bisa membuat seseorang yang sering bersendawa merasa lebih nyaman dan memungkinkan udara keluar dari perut.

Duduk tegak setelah makan akan memaksa udara ke atas sehingga mudah dikeluarkan dengan bersendawa, sedangkan posisi berbaring akan menekan udara di dalam dan membuat rasa tidak nyaman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar