Sukses

Bercak Putih Pada Wajah

13 Feb 2016, 00:12 WIB
Pria, 18 tahun.

bagaimana menghilangkan bercak putih pada kulit wajah akibat kepanasan (balasbogo) ?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu : 

  • Hipopigmentasi sesudah peradangan/luka di kulit. Merupakan bercak putih yang timbul setelah lesi peradangan penyakit kulit sebelumnya.
  • Pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu. Terasa gatal terutama jika berkeringat.
  • Pitiriasis alba. Bercak putih dengan sisik halus, batas tidak tegas, tidak bergejala. Timbul biasanya pada orang dengan bakat alergi, atau sering beraktivitas di bawah sinar matahari.
  • Lepra. 
  • Vitiligo. Berupa bercak putih dengan batas tegas, warnanya sangat putih seperti tulang, tidak bergejala.

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi sesudah peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal atau hilang sensasi pada daerah dengan bercak putih tersebut.

Apabila keluhan Anda memang terkait dengan paparan sinar matahari, sebaiknya Anda selalu menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30, untuk melindungi kulit wajah Anda dari paparan sinar matahari. Namun, untuk mendiagnosis pasti suatu penyakit kulit, kami sarankan Anda memeriksakan diri langsung ke dokter spesialis kulit karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Hindari penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya karena dapat menyebabkan perburukan kondisi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar