Sukses

Alergi Susu Pada Anak
14 Feb 2016, 18:15 WIB
Wanita, 3 tahun.

Dok anak saya umur 3bln,minggu yg lalu anak sy mencret dan kulit nya ada bintik2 merah,anak sy minum sufor morinaga BMT,ternyata kata Dr anak,anak sy alergi susu sapi,lalu saran Dr ganti susu Pepty junior,setelah minum susu pepty junior mencret nya tidak juga sembuh,dan kembali kata Dr ganti susu soya,setelah minum susu soya mencret nya berenti sampai seminggu minum susu soya anak saya kembali mencret dan muncul bintik2 merah dan hidung nya selalu meler seperti terkena flu dan konsultasi lagi ke Dr anak, ternyata anak saya alergi susu soya jg,lalu kata Dr anak,anak sy harus ganti susu lagi nama susu nya Pregistemil.setelah habis satu kaleng susu pregistemil bibir dan lidah anak saya banyak sekali saryawan dok,apa anak saya alergi juga dengan susu pregistemil?,saya pusing sekali dok,kenapa semua susu anak saya tidak cocok?sekarang anak saya tidak minum sufor lg dok,hanya saya beri air tajin dan bubur nasi buatan sendiri.saya mohon penjelasan dan saran dari dokter susu apa yang harus di minum untuk anak saya?sebelum nya saya ucapkan terimakasih dok.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com

Apabila anak Anda benar menderita alergi susu sapi, sebaiknya anak Anda menghindari segala makanan yang berbahan dasar susu sapi seperti keju, biskuit susu, dsb. Sebagai alternatif, susu kedelai, susu beras, dan susu nabati lain dapat menggantikan susu sapi, namun perlu diketahui bahwa 20% anak yang alergi susu sapi juga memiliki alergi terhadap susu kedelai .Satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi alergi adalah dengan menghindari alergen penyebab. Gantilah susu yang dikonsumsi anak Anda dengan susu lain yang lebih hipoalergenik (HA). Protein susu sapi dapat menimbulkan alergi yang menetap sampai akhir masa anak-anak. Meskipun demikian, biasanya alergi susu sapi akan hilang dengan sendirinya seiring dengan matangnya saluran pencernaan bayi (pada usia 2-3 tahun)

Anak yang alergi susu sapi jika dipaksa untuk mengkonsumsi makanan yang memicu alerginya (susu formula biasa) akan mengalami reaksi alergi yang terus menerus. Timbulnya reaksi alergi ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak dan membuat anak menjadi lebih rewel.

Lebih lanjut, hal tersebut dapat mengganggu tumbuh kembang anak.Sementara itu, anak hanya diperbolehkan mengonsumsi susu pengganti formula soya atau susu formula jenis hipoalergenik (HA) dan bahan makanan lain bebas susu sapi maupun produk turunannya (keju, yoghurt).

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar