Sukses

Kantung Kehamilan Belum Terlihat
14 Feb 2016, 11:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Selamat siang dok, Saya mau tanya. Bulan ini saya sudah telat haid 3 hari. Besok pagi saya test pack dan hasilnya 2 garis tapi garis yg 1 nya agak samar. Pas malamnya saya periksa ke dokter dan di USG ternyata belum terlihat kantung kehamilan. Yang mau saya tanyakan, sebenarnya sudah ada kehamilan atau belum yaa dok??dan saya cuma dikasih 1 obat merk nya vitamam. kegunaan vitamam itu apa yaa dok?? Terima kasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun, testpack juga dapat menunjukkan hasil negatif palsu (hasilnya negatif, namun terdapat kehamilan) ataupun positif palsu (hasilnya positif, namun tidak disertai kehamilan).

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan hasil garis yang semu muncul akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada.

Tidak terlihatnya kantung kehamilan pada pemeriksaan USG dipengaruhi berbagai macam hal. Saat ini, mungkin saja hasil USG belum bisa terdeteksi karena kantung gestasinya masih terlalu kecil. Umumnya kantung kehamilan tersebut sudah terlihat dari pemeriksaan USG pada usia gestasi 4-6 minggu. Bila belum terlihat, memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan kembali 2 minggu kemudian untuk memastikan.

Vitamam merupakan suplemen kehamilan yang mengandung asam folat, beberapa vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk menunjang kehamilan yang sehat. Sementara waktu menunggu USG berikutnya, teruskan instruksi dokter Anda sebelumnya, jagalah kesehatan, dan jangan sungkan untuk bertanya ataupun berdiskusi dengan dokter Anda untuk memperoleh informasi yang lengkap.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar