Sukses

Anak Sulit BAB
14 Feb 2016, 11:00 WIB
Wanita, 4 tahun.

dokter anak saya alergi sufor dan alergi makanan, sudah seminggu lebih belum buang air besar, sdh kedokter mggu lalu trs dikasih dulcolac sup, masak setiap gk bs buang air besar hrs diberi.pencahar, minta solusinya

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada anak-anak, sulit buang air besar atau konstipasi diartikan sebagai buang air besar yang jarang (kurang dari 3 kali dalam seminggu), buang air besar yang menyebabkan rasa sakit, atau kedua-duanya yang telah terjadi selama 2 minggu lebih.

Pada anak usia 1-3 tahun, sulit buang air besar dapat disebabkan karena kurangnya asupan cairan, belum terbentuknya kebiasaan untuk buang air besar yang teratur dan adanya gangguan pada daerah bokong seperti penyakit ruam popokPenanganan sulit buang air besar pada anak-anak perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Bila konstipasi tidak disebabkan karena suatu masalah kesehatan yang serius, maka Anda dapat mencoba beberapa hal berikut:

  1. Memberikan makanan-makanan tinggi serat untuk anak-anak seperti gandum, buah, dan sayur.
  2. Meningkatkan asupan cairan bagi anak.
  3. Menghindari konsumsi susu sapi dan produk susu sapi (keju, es krim). Konstipasi dapat diperparah karena proses mencerna protein susu sapi.

Jenis obat pencahar diantaranya adalah laktulosa dan bisacodyl. Obat pencahar pada dasarnya aman asalkan digunakan sesuai dosis dan atau atas petunjuk dokter. Obat pencahar sendiri dapat berbentuk pil maupun diberikan melalui dubur, dan diberikan atas indikasi tertentu. Kondisi tersebut diantaranya adalah konstipasi akut maupun kronik (tidak bisa BAB dalam waktu 3-7 hari), pada pasien yang akan melakukan pemeriksaan radiologi untuk abdomen (perut) atau pemeriksaan kolonoskopi (dimasukkan alat serupa selang dari anus untuk melihat kondisi usus besar), dan pada kondisi dimana pasien tidak boleh mengedan (contoh pasien jantung).

Untuk itu, penanganan perlu difokuskan pada penyebab konstipasi itu sendiri. Bila keluhan berlanjut dan Anak anda memperlihatkan keluhan seperti menjadi lebih rewel, perut kembung dan teraba keras, sering muntah, berat badan tidak naik, maka sebaiknya Anda segera membawa anak kepada dokter Anak terdekat.

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda: 4 Penyebab Anak Sulit BAB
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar