Sukses

Bintik-Bintik Di Badan Sisi Kiri

11 Feb 2016, 14:30 WIB
Pria, 20 tahun.

Dok saya mau bertanya saya sudah hampir 2 minggu ada bintik bintik merah berkelompok di lengan kanan,ketiak kiri,paha kiri dan sedikit di betis kiri, itu herpes zoster atau dermatitis karne semakin lama semakin banyak saya sempat 2 kali kedokter yg pertama saat bintik masih sedik dokter bilang herpes tapi waktu saya berobat kembali untuk meminta obat lagi dokter lain bilang ini bukan herpes tapi dermatitis. Saya jadi bingung dok gejalanya pun sama mohon dijawab dok terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Untuk mendiagnosis kelainan kulit diperlukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lengkap. Perlu diketahui, lokasi tepat bintik-bintik, jumlah, bentuk, konsistensi, warna, isi benjolan, kondisi daerah sekitar, dll.                            Karena hanya dengan pengamatan langsung, akan muncul analisa yang lebih akurat dan sesuai dengan kaidah penegakan diagnosa.           

Herpes zoster adalah infeksi yang disebabkan oleh virus varisela-zoster dan menyerang kulit, mukosa, serta saraf. Virus varisela zoster ini didapat saat seseorang terkena cacar air dan kemudian virus dapat tinggal di sistem saraf  dan dapat tereaktivasi  jika orang tersebut mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Karena disebabkan oleh virus, maka penyakit ini dapat sembuh sendiri (self limiting disease) dalam jangka waktu beberapa hari asalkan daya tahan tubuh atau kekebalan tubuh meningkat.

Virus varisela-zoster merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air, untuk itu memang dapat menular. Herpes zoster dapat menular pada mereka yang belum pernah terkena cacar air dan yang akan timbul adalah cacar air bukan herpes zoster. Setelah seseorang terkena cacar air maka orang tersebut dapat terkena herpes zoster bila mengalami stres berlebih atau penurunan daya tahan tubuh. Mereka dengan herpes zoster tidak terlalu menularkan virus seperti mereka yang dengan cacar air. Penularan dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit yang mengalami lesi karena virus dapat menyebar melalui udara. Gejala yang menyertai biasnya adalah demam, bintik yang bergerombol di satu sisi, nyeri dan biasanya yang terkena adalah orang yang sudah pernah terkena cacar air.

Obat antivirus yang diberikan untuk diminum 5x/hari ditujukan untuk mempercepat fase penyembuhan penyakit dengan mematikan virus tersebut. Apabila istri Anda tidak meminum antivirus, maka kesembuhan yang akan terjadi mengandalkan daya tahan tubuh istri Anda. Apabila hanya mengandalkan daya tahan tubuh, maka kesembuhan terjadi dalam hitungan hari sampai minggu. 

Obat yang terbaik adalah istirahat, makan dengan nutrisi yang cukup, minum obat antivirus, dan obat simptomatik lainnya. 

Jadi untuk memastikan diagnosa harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat (KM)

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar