Sukses

Memutihkan Gigi Sendiri

12 Feb 2016, 10:02 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya.. Kalau gigi kuning gimana ya cara memutihkannya kembali. Saya gak ngrokok padahal.. Adakah obat yg bisa di brli di apotek.. Biar bisa putih krmbali.. Terima kasih

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Kami memahami rasa tidak nyaman Anda terhadap kondisi gigi yang mempunyai warna tidak putih, karena hal tersebut memberikan pengaruh pada tampilan seseorang. Metode bleaching diindikasikan untuk memutihkan gigi yang mengalami perubahan warna akibat makanan, kebiasaan merokok dan hal lainnya. Namun tidak semua perubahan warna yang terjadi pada gigi dapat diputihkan dengan dental bleaching, contohnya seperti pada perubahan warna akibat obat antibiotik jenis tetrasiklin. Pada gigi yang sensitif sebaiknya tidak dilakukan prosedur ini tapi akan lebih baik lagi jika keadaan gigi Anda diperiksa secara langsung oleh dokter gigi sehingga dapat diputuskan. Bleaching adalah metode memutihkan gigi yang sangat populer, selain dalam prakteknya lebih sederhana biayanya juga relatif lebih murah dibandingkan yang lain.

Bleaching Gigi

Memutihkan gigi yang vital atau gigi yang masih sehat dapat dilakukan dibawah pengawasan dokter gigi dengan dua cara yaitu In office dan home bleaching. Perbedaan kedua metode tersebut adalah  terletak pada proses dan jenis bahan yang digunakan dan pelaksanaannya. Padain office proses bleaching dilakukan di klinik dokter gigi dan bahan yang digunakan adalah hidrogen peroksida dengan konsentrasi tinggi  yaitu 30-35%, dengan cara ini gigi dapat diputihkan dengan cepat dan terkontrol oleh dokter gigi, sedangkan pada home bleaching proses bleaching dapat dilakukan sendiri oleh pasien dengan menggunakan bahan karbamid peroksida 10-15% namun tetap dalam pengawasan dokter gigi.Metode home bleaching yang dapat dilakukan pasien dirumah dan dalam pengawasan dokter gigi merupakan metode memutihkan gigi yang ekonomis, sederhana, hasilnya cukup baik dengan tingkat keberhasilannya juga cukup tinggi. Keberhasilannya ditentukan oleh lamanya kontak dari bahan bleaching dengan gigi dan konsentrasi bahan.

Dalam melakukannya pasien harus paham betul bagaimana cara melakukannya sendiri serta hasil akhir yang bisa didapatkan, selain itu pasien juga harus mengetahui efek samping yang mungkin terjadi walaupun dalam perawatan ini efek sampingnya minimal dan biasanya kalaupun terjadi diakibatkan oleh alat tray yang tidak akurat. Hasil akhir akan terlihat dalam waktu 5-6 minggu dan baru terlihat pada minggu ke 2-3. Ketahanan warna gigi yang didapat bisa bertahan antara 1 -3 tahun bergantung dari kondisi pasien serta dapat dilakukan perawatan ulang.  Bila anda ingin melakukan metode ini tentu saja sebaiknya berkonsultasi dahulu kedokter gigi karena walaupun metode ini dapat dilakukan sendiri dirumah tetapi harus dalam pengawasan dokter gigi, dan Kami tidak dapat merekomendasikan suatu produk atau merk tertentu dalam layanan ini, semoga dapat dipahami.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar