Sukses

Hiperpigmentasi

12 Feb 2016, 12:04 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya ini punya keluhan yaitu sering gatal - gatal. nah akibat dari gatal gatal itu sering warna hitam (berbekas) nah biar hilang warna hitamnya dan cara meredahkan rasa gatal itu gimana?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi  Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab dari keluhan ini. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Apakah anda memiliki riwayat alergi? Pada pasien dengan alergi, ambang batas gatal menjadi relatif lebih rendah. Dalam dunia medis manifestasi alergi pada kulit dikenal dengan dermatitis atopi. Dermatitis atopik (DA) merupakan kelainan kulit yang biasa ditandai oleh rasa gatal, penyakit sering kambuh, dan distribusi lesi yang khas. Penyebab yang jelas dari DA belum diketahui, tetapi diduga berkaitan dengan faktor genetik dan lingkungan seperti:

  • Makanan
  • Alergen Hirup
  • Infeksi Kulit

Penderita dengan dermatitis atopik mempunyai kecenderungan infeksi kulit oleh Staphylococcus aureus, virus dan jamur. Untuk mengurangi rasa gatal Anda dapat mengonsumsi obat anti histamin, seperti CTM untuk mengurangi rasa gatal. Untuk mengurangi timbulnya rasa gatal maka Anda harus menghidrasi kulit Anda secara teratur dengan menggunakan pelembab kulit yang hipoalergenik setiap hari. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mengatasi penyakit ini. 

Demikian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat,

Salam.

 

0 Komentar

Belum ada komentar