Sukses

Menikah 4 Tahun Belum Hamil

13 Feb 2016, 01:52 WIB
Wanita, 29 tahun.

sy sdh menikah hampir 4th, tp msh blm py ank jg.. sy jg py sklus mens yg tdk tratur. misal blan ini dtng tgl 7 sedangkn bln lalu dtng ny tgl 14. jadi selalu maju 7hr. apa itu jg berdampak dgn susahnya sy hamil, dok..??

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Bila belum mendapatkan anak atau belum pernah hamil dalam periode 1 tahun setelah menikah dengan hubungan seksual yang teratur, makan pasangan disebut infertil.
Hubungan seksual yang efektif untuk terjadinya kehamilan adalah pada saat masa subur wanita. Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya. Anda memerlukan data, tanggal mesntruasi selama 4 bulan terakhir untuk menghitung masa subur Anda.
Anda bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan untuk melihat kondisi rahim , indung telur dan saluran indung telur anda, di lain pihak mungkin penyebab dari belum hamil adalah dari pihak suami. Suami dapat dilakukan pemeriksaan analisis sperma untuk mengetahui kuantitas dan kualitas sperma. 
 
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
 
Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar