Sukses

Mengenai Pergerakan Janin

12 Feb 2016, 17:49 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya hamil 19 minggu. Setiap hari saya merasakan pergerakan bayi dalam kandungan saya, dan itu terasa kencang. Apakah itu normal? Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Gerakan janin dapat dirasakan pada usia kehamilan 15 minggu keatas, umumnya mungkin hanya gerakan-gerakan lembut yang lama kelamaan akan menjadi lebih kuat. 

Pada usia kehamilan 19 minggu, panjang janin dari kepala sampai bokong saat ini adalah 13 – 15 cm dan berat badan janin berkisar 200 gram. Perkembangan sensorik dari janin semakin bertambah. Otak janin akan mengembangkan area untuk penciuman, indera rasa, pendengaran, penglihatan, dan sensasi raba. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa janin sudah dapat mendengar suara sekarang, jadi baik Anda maupun pasangan dapat mencoba berbicara dengan janin Anda untuk semakin menguatkan ikatan batin dengan janin. Janin Anda akan lebih banyak tidur, sekitar 20 jam sehari. Janin justru baru bangun ketika Anda berusaha untuk tidur. Hal inilah yang menyebabkan gerakan janin berkurang disiang hari, dan akan lebih aktif pada malam hari. Apabila hal ini yang terjadi, maka anda tidak perlu khawatir.

Jika anda tidak merasakan gerakannya maka berbaringlah ke sisi kiri rahim agar rahim tak menekan aorta dan pembuluh darah yang berada di atas rahim. Kemudian belailah perut anda dan cobalah sebelumnya makan makanan ringan dan minum segelas susu. Kondisi ibu yang santai dan tambahan energi dapat memicu pergerakannya.

Sampai pada usia kehamilan 28 minggu, gerakan janin belum terlalu bermakna, dalam artian belum dapat menjadi indikator kesehatan seperti layaknya trimester terakhir. Gerakan janin mulai teratur pada usia kehamilan lebih dari 28 minggu.  Pada kehamilan trimester ini, karena janin yang belum terlalu besar dan cairan ketuban yang banyak maka janin dapat bergerak cukup aktif bahkan dapat berputar-putar dalam rahim.

Menjelang trimester ketiga, janin dapat membuat gerakan sebanyak 30-40 gerakan per jam. Gerakannya mulai lebih rutin dan umumnya ketika anda dalam kondisi tenang. Apabila anda beraktivitas, gerakan janin justru tidak sebanyak biasanya. Menjelang minggu ke-36 sampai akhir, posisi janin yang sudah memenuhi ruangan rahim justru menyebabkan janin tidak banyak bergerak karena ruang gerak yang sempit. 

Tiap ibu sebaiknya mengidentifikasi pola sehari-hari dan jumlah gerak janin pada tiap-tiap kehamilannya. Perubahan pada pola atau jumlah gerak yang signifikan (berkurang) dapat menjadi indikasi janin dalam keadaan stress. Jadi yang terutama perlu Ibu perhatikan adalah bila ada perubahan pola dan penurunan jumlah gerak janin dari biasanya. Dalam keadaan ini Ibu sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Peningkatan gerak janin merupakan tanda-tanda janin yang aktif dan sehat. Pola pergerakan akan berubah selama kehamilan karena ruang gerak janin yang semakin sempit seiring pertumbuhannya.

 

Sebagai informasi tambahan, ketika kehamilan Anda mencapai triwulan terakhir khususnya, terdapat beberapa literatur yang menyebutkan, bahwa perlu diperhatikan bila gerak janin sangat aktif atau hebat secara tiba-tiba, apalagi bila setelah itu tidak ada pergerakan lagi. Kemungkinan terbentuknya simpul karena gerakan janin bisa terjadi. Namun, hal ini jarang terjadi. Yang dapat Ibu lakukan adalah mencatat/mengidentifikasi pola dan jumlah gerak janin Ibu setiap hari. Caranya adalah:

  • Pilih waktu dimana gerak janin biasanya paling aktif (umumnya malam hari)
  • Tiduran dalam posisi miring kiri atau kanan
  • Makan atau minum sebelum mulai menghitung (gerak janin dipengaruhi adanya peningkatan kadar gula darah ibu)
  • Jangan merokok karena berbahaya untuk janin. Setelah merokok biasanya gerak janin akan berkurang sampai 90 menit.
  • Hitung gerak janin yang ada, baik berupa perputaran, tendangan, pergerakan besar maupun kecil
  • Jika Ibu tidak merasa adanya gerakan, taruh tangan di atas perut dan 'lihat' jika ada pergerakan
  • Lihat jam dan mulai hitung gerakan
  • Setiap kali janin bergerak, beri tanda pada secarik kertas sampai mencapai 10 gerakan

Jika selama 2 jam tidak tercapai 10 kali gerakan, ulangi selama 2 jam lagi. Jika setelah 2 jam kedua pergerakan tidak mencapai 10 kali, sebaiknya Ibu menghubungi dokter Ibu. Ketentuan lain adalah jika selama 8 jam tidak ada pergerakan sama sekali, atau selama 12 jam kurang dari 10 gerakan, hubungi dokter. 

 

Anda dapat memantau perkembangan janin setiap minggunya pada health tool yang telah kami siapkan di tautan berikut: Kalender Kehamilan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar