Sukses

Tertelan Antinyamuk

09 Feb 2016, 09:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok...pertolongan pertama apa dok jika termimum obt anti nyamuk....seperti..autan, soffell... efeck yang terjadi apa dokk..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Seberapa banyak obat anti nyamuk yang tertelan? Bila banyak, maka dibutuhkan kewaspadaan tinggi dan segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan aspirasi cairan lambung (menggunakan selang dari hidung ke lambung untuk 'mencuci' dan mengambil cairan obat antinyamuk yang masih tersisa di lambung. Apakah orang yang tertelan tersebut memiliki keluhan semisal: mual, muntah, penurunan kesadaran, pusing, dsb?

Efek cairan antinyamuk bisa menyebabkan keluhan pencernaan hingga gangguan saraf seperti pusing. Hal ini akan sangat tergantung dengan banyaknya cairan antinyamuk yang tertelan. Apakah penderita yang tertelan obat antinyamuk tersebut adalah anak-anak? Memang sangat berbahaya menaruh botol berisi cairan ditempat-tempat yang terjangkau oleh anak. Para orang tua harus waspada dan berhati-hati terhadap hal ini, terutama pada anak dibawah 5 tahun. 

Untuk itu kami menganjurkan agar penderita segera dibawa ke rumah sakit untuk menghindari komplikasi yang mungkin timbul.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar