Sukses

Mengatasi Tuberkulosis

08 Feb 2016, 18:34 WIB
Pria, 32 tahun.

Dok TB PARU itu apa, bagaimana itu bisa terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Adik saya d vonis tb paru oleh salahsatu rs, dan d anjurkan minum obar selama 6 bulan dengan biaya 1jt 1bulan, apa memang biayanya semahal itu..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebetulnya untuk mendiagnosa secara pasti mengenai penyakit Anda dibutuhkan pemeriksaan tubuh, namun berdasarkan keterangan yang Anda sebutkan sepertinya keluhan Anda mengearah ke Tuberkulosis. Namun bisa saja disebabkan oleh penyakit lain seperti penyakit paru-paru lain. 

Izinkan kami menjelaskan tentang penyakit Tuberkulosis. Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

 

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

 

Pada penderita TBC yang sedang dalam pengobatan, perlu dilakukan pemeriksaan ulangan untuk mengetahui apakah pengobatan berhasil atau tidak. Sudahkah melakukan pemeriksaan kontrol dan pemeriksaan dahak ulangan? Lewat pemeriksaan ulangan ini dapat diketahui langkah pengobatan selanjutnya.

Hasil pengobatan dapat diketahui setelah pemeriksaan dahak dan rontgen ulangan untuk mengetahui kondisi paru. Jika memang terbukti gagal maka akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan kekebalan bakteri, untuk kemudian diobati dengan obat yang lebih kuat untuk mengatasi kuman TBC tersebut. Oleh karena itu kami sarankan agar Anda melakukan pemeriksaan ke dokter specialis paru-paru atau dokter specialis penyakit dalam.
 

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar