Sukses

Telinga Seperti Berudara?

09 Feb 2016, 09:18 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok saya sering merasa seperti ada udara d telinga saya walaupun saya tidak sedang ada d pesawat, pergi ke daerah yang lebih tinggi posisi geografisnya maupun sedang mengalami flu. Kadang gejala muncul hanya sebentar tapi kadang jg seharian, itu penyebabnya apa ya dok? Apakah ada hubungannya dengan penggunaan earphone? Terimakasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah 'udara dalam telinga' tersebut maksud Anda seperti telinga terasa penuh? Keluhan telinga penuh dan terasa tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal. Salah satunya adalah perubahan tekanan yang di alami (saat berpindah lokasi dari suatu tempat dengan ketinggian yang berbeda, misalnya naik pesawat, naik ke puncak bukit, dll). Penyebab tersering lainnya adalah disebabkan karena sumbatan kotoran telinga yang menumpuk.  Apakah keluhan terjadi setelah mandi atau setelah telinga kemasukan air? Air dapat menyebabkan kotoran telinga (serumen) yang bersifat higroskopis (menarik air) menjadi mengembang dan dapat menekan bagian dalam telinga dan menimbulkan rasa nyeri. Terlalu seirng membersihkan telinga dengan cotton bud juga dikhawatirkan malah akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam, atau ada bagian dari cotton bud yang tertinggal di dalam telinga.

Ataukah maksud Anda seperti bunyi denging atau dengung di telinga Anda? Telinga berdenging atau tinitus dalam istilah medis, adalah salah satu bentuk gangguan pendengaran berupa sensasi suara tanpa adanya rangsangan dari luar. Penyebab tinitus sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti, sebagian besar kasus tidak diketahui penyebabnya. Namun, seringkali terdapat beberapa keadaan yang dapat memberikan gejala tinitus seperti infeksi pada telinga, kotoran/benda asing di dalam telinga, trauma di dalam telinga akibat suara keras, gangguan pendengaran dan efek samping dari obat-obatan.
Tinitus dibagi menjadi dua, yaitu:

  1. Tinitus objektif, bila suara tersebut dapat didengar juga oleh pemeriksa. Umumnya disebabkan karena kelainan pembuluh darah, sehingga tinitusnya berdenyut mengikuti denyut jantung.

  2. Tinitus subjektif, bila suara tersebut hanya didengar oleh pasien sendiri, jenis ini sering terjadi.


Perlu diketahui penyebab tinitus agar dapat diobati sesuai penyebabnya. Jika penyebabnya diketahui, biasanya tinitus dapat dihilangkan, Namun jika tidak diketahui pasti penatalaksanaannya lebih sulit dilakukan. Oleh karena itu, mengingat sebabnya yang bermacam-macam dan kami belum bisa mengarahkan penyebab yang mungkin karena terbatasnya data, kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis THT agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bila keluhan berkepanjangan dan sangat mengganggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar