Sukses

Penyembuhan Diare
09 Feb 2016, 09:09 WIB
Pria, 1 tahun.

Anak saya di diagnose di sentri oleh dokter anak dan sudah rawat inap juga selama 1minggu di rumah skit,setelah kluar dr rumah skit kenapa diare nya masih aja yach dokter. sehari bisa 2x sampai 3x,tapi tidak menangis menjerit seperti sebelum di rwat di rumah sakit. kata dokter ada bakteri amoeba nya. mohon solusi nya apakah penyembuhannya memang lama,dan saya haru bgaimana yach karena kasihan melihat anak sperti itu. dan sekarang dia lagi ingin nya ngemil sesuatu tapi saya msh tidak berani memberikannya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com

Diare adalah peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam. Diare dapat dibagi menjadi akut (kurang dari 14 hari) , persisten (lebih dari 14 hari) dan kronik (lebih dari 1 bulan). Konsistensi tinja yang cair yang menjadi karakteristik diare biasanya akan hilang dalam beberapa hari. Diare dapat menyebabkan kehilangan cairan dan elektrolit yang cukup signifikan. 

Penyebab diare dapat bermacam-macam, diantaranya disebabkan oleh:

  • virus (paling sering)

  • bakteri (Salah satunya penyebab disentri, seperti yang terjadi pada anak Anda)

  • infeksi parasit

  • obat-obatan (kafein, alkohol)

  • penyakit non-infeksi (irritable bowel syndrome, inflammatory bowel disease)

  • laktosa (gula yang terdapat di dalam susu)

  • pemanis buatan (sorbitol dan mannitol, pemanis buatan yang terdapat di permen karet atau produk bebas gula lainnya dapat menyebabkan diare pada orang sehat)

Bila memang sudah terjadi peningkatan pemadatan tinja (dari yang sebelumnya sangat cair menjadi agak kental), maka sudah dapat dikatakan terjadi perbaikan. Frekuensi BAB hingga 2x per hari masih tidak apa-apa, kecuali bila konsistensinya sangat cair seperti air.  Penyembuhan diare memang terkadang membutuhkan waktu lebih dari 1 minggu. Anak Anda diperbolehkan makan atau ngemil, hanya mungkin dipilih-pilih makanannya, jangan yang asam, pedas, terlalu berserat, namun Anda mulai bisa memberikan makanan yang setengah keras (tidak perlu terlalu lunak). Memang, bila disentri sebelumnya diperoleh anak karena sering jajan diluar, maka sebaiknya Anda lebih memperhatikan jajanan yang dibeli oleh anak Anda, pilihlah yang bersih dan terjamin higienitasnya.

Tetap teruskan pengobatan yang diberikan oleh dokter anak Anda sebelumnya.Selain pengobatan, penting juga untuk mengganti cairan yang keluar karena diare dengan mengkonsumsi air atau oralit. Jika saat ini diare yang Anda maksud termasuk kategori diare yaitu terjadi peningkatan jumlah ( tiga kali atau lebih) atau penurunan konsistensi dari tinja (menjadi lunak atau cair) dalam waktu 24 jam, Anda dapat melakukan konsultasi kembali dengan dokter anak Anda.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Diare

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar