Sukses

Bintik Putih Pada Kelopak Mata

04 Feb 2016, 18:02 WIB
Wanita, 30 tahun.

Sore dokter, sy ingin bertanya tentang bintik kecil yg mirip seperti sariawan berwarna putih pd kelopak mata, kelopak mata bengkak kemerahan dan terasa perih ketika berkedip, ini terjadi pd Mata kanan sy. Ini sudah yg kedua kalinya dok, saat pertama sy hanya mengompres dgn air hangar dan reda. Tetapi selang seminggu muncul lg bahkan lbh bengkak dr sblmnya, sy kompres air hangat lg, dlm 5 hari bengkak reda tp malah muncul di kelopak yg bagian bawah pd mata yg sama. Bola mata tidak menjadi merah, hanya kelopak mata saja yg bengkak dan kemerahan, kadang terasa gatal tp lbh terasa perih saat berkedip. Ini penyebabnya apa ya dok? Obatnya apa? Terima kasih atas perhatian dan respon dr dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Keluhan Anda saat ini adalah bintik kecil seperti sariawan di mata.  Untuk mendiagnosis kelainan pada diri Anda diperlukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lengkap. Mungkin yang Anda derita saat ini adalah hordeolum. Atau orang awam mengatakan penyakit ini adalah bintitan.

Hordeolum yaitu benjolan kecil yang tumbuh di sekitar mata akibat infeksi bakteri (umumnya Staphylococcus sp.) pada kelenjar minyak di tepi jajaran bulu mata atau di bawah kelopak mata.  Umumnya hordeolum berisi nanah dan bila bertambah besar dapat menghalangi mata terbuka secara optimal membuat penderita sulit untuk melihat.

Hordeolum bukanlah sebuah gangguan serius dan sebagian besar akan sembuh sendiri. Benjolan ini justru lebih sering menyebabkan rasa malu daripada rasa sakit.Untuk mempercepat peradangan kelenjar dapat dapat diberikan kompres hangat, 4 kali sehari selama 10-15 menit sampai nanah keluar. Pengangkatan bulu mata dapat memberikan jalan untuk penyerapan nanah. Diberi antibiotik lokal terutama bila berbakat berulang atau terjadinya pembesaran kelenjar aurikel.

Biasanya tidak diperlukan antibiotik oral bila tidak terjadi peradangan menyeluruh di kelopak mata. Namun bila terjadi, dapat diberikan eritromisin 250 mg atau 125-250 mg diklosasilin 4 kali sehari, dapat juga diberi tetrasiklin. Bila terdapat infeksi stafilokokus di bagian tubuh lain maka sebaiknya diobati juga bersama-sama. Pada nanah dan kantong nanah yang tidak dapat keluar, dilakukan penyayatan untuk mengeluarkan nanah.

Untuk mencegah berulangnya hordeolum, disarankan untuk selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum menyentuh kulit di sekitar mata, bersihkan daerah kelopak mata secara teratur, untuk menghilangkan debu dan minyak yang menumpuk, serta pastikan peralatan rias yang berhubungan dengan mata senantiasa bersih/steril.

Bagaimanapun, apabila hordeolum membesar hingga anda mengalami gangguan penglihatan, insiden hordeolum yang terlalu sering, tidak sembuh spontan dalam satu minggu, dan tidak respon terhadap pengobatan sendiri sebaiknya anda segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk tatalaksana yang lebih optimal.

Mengenai kondisi mata Anda yang merah. Kemungkinan kondisi mata merah yang Anda alami merupakan peradangan pada konjungtiva atau disebut dengan konjungtivitis. Konjungtivitis merupakan infeksi pada mata yang dapat disebabkan oleh bakteri atau virus. Konjungtivitis ditularkan melalui udara atau kontak langsung dan kemungkinan (tergantung penyebabnya) membutuhkan antibiotik.

Untuk penyakit mata, dokter harus melakukan pemeriksaan secara langsung untuk mengetahui penyebabnya. Kami menyarankan Anda untuk melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis mata untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mata Anda

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat (KM)

Salam,   

    0 Komentar

    Belum ada komentar