Sukses

Anak Sulit Minum Susu

06 Feb 2016, 01:55 WIB
Wanita, 26 tahun.

Siang dok, anaku usia 2bln anakku tdk mau minum d dot, sudah sya coba formula dan ASIP niplenya hanya digigit,awalnya dia mau minum formula d dot karna saya fikir saya masih ada d rumah blm kerja, sya berikan dia asi langsung dan sekarang mau pindah ke dot dia tdk mau,malah lebih sering muntah saat dipaksakan minum d dot, bagaimana solusinya dan bagaiman dengan muntah muntahnya?terimakasih.

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami mengajukan pertanyaan. Bagaimana perkembangan berat badan anak Anda sejak lahir? apakah anak Anda memiliki keluhan dalam kesehatannya seperti demam, diare, muntah, batuk lama atau keluhan lain?

Perlu dieksplorasi lebih lanjut mengapa anak tidak mau minum susu. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan adalah apakah terdapat alergi susu sapi atau gastrointestinal reflux disease (GERD). Jika usia anak Anda <6 bulan sebaiknya hanya diberikan ASI saja (ASI eksklusif) karena ASI adalah makanan terbaik bagi bayi Anda. Jika usianya > 6 bulan maka membutuhkan makanan pendamping ASI (MPASI). Jika anak Anda mendapat ASI, tidak masalah jika ia tidak mau mengkonsumsi susu formula. karena pada anak usia 0 sampai 6 bulan, seluruh kebutuhan nutrisinya dapat terpenuhi dengan hanya mengkonsumsi ASI dengan kualitas yang baik. Jika Tubuh Anda masih memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup, akan lebih baik bila Anak Anda diberikan ASI eksklusif daripada susu formula.

Perbaikilah cara pemberian ASI yang sedikit-sedikit tapi sering. Mulailah untuk memberikan ASI dari awal hingga akhir (hingga ASI anda habis) setiap kali bayi anda menangis (merasa lapar) dan setiap kali anda merasa perlu menyusui bayi anda. Hal ini disebabkan karena ASI memiliki kandungan yang berbeda antara awal pemberian ASI dengan akhir pemberian ASI. ASI pada awal pemberian cenderung lebih encer dan banyak mengandung protein, laktosa, vitamin, mineral dan air. Sementara ASI pada akhir pemberian (menjelang ASI anda habis) terlihat lebih putih daripada ASI awal karena ASI di akhir pemberian ini mengandung lebih banyak lemak dan memberikan lebih banyak energi bagi bayi. Jika bayi anda hanya minum ASI sedikit-sedikit, maka ASI yang dikonsumsinya hanyalah ASI awal yang encer dan kurang mengandung lemak untuk pembentukan energinya. Karena kurangnya energi yang berasal dari ASI, maka Bayi anda akan mengambil lemak dari tubuhnya sendiri untuk menghasilkan energi sehingga dapat menyebabkan berat badan bayi anda cenderung lebih rendah daripada normal. Untuk mengatasi kekhawatiran Anda, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak Anda.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel yang bermanfaat untuk Anda dan buah hati Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar