Sukses

Keluar Urine Ketika Batuk

04 Feb 2016, 19:32 WIB
Wanita, 22 tahun.

halo dok, usia kandungan saya 31 minggu. sejak sekitar 27 minggu setiap kali saya batuk atau muntah selalu ada urin yang keluar tanpa kontrol. hingga sekarang intensitasnya semakin bertambah. apakah itu merupakan penyakit/gangguan atau hanya karna kandung kemih yang semakin tertekan akibat janin semakin besar? bagaimana cara mengatasinya? terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.com

Sebelum menjawab pertanyaan Anda kami membutuhkan beberapa informasi:

Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah Anda kesulitan menahan kencing? Apakah ada gejala lain yang berhubungan dengan saluran kemih seperti nyeri perut bawah, nyeri saat buang air kecil (BAK), memiliki keinginan untuk segera berkemih, sering BAK, atau keluhan lainnya? Apakah saat batuk kemudian keluar air kencing kantung kemih Anda dalam kondisi penuh (belum buang air kecil atau menahan berkemih?

Tidak dapat menahan berkemih dalam dunia kedokteran disebut sebagai inkontinensia urin. Ada beberapa jenis inkontinensia urin. Berdasarkan cerita Anda, sepertinya Anda mengalami stres inkontinensia urin.

Stres inkontinensia urin yaitu keluarnya sedikit air kemih dalam jumlah sedikit atau banyak karena peningkatan tekanan intra-abdomen (perut) misalnya saat batuk, tertawa, bersin, olahraga, hamil. Peningkatan tekanan intraabdomen akan menyebabkan tekanan di kandung kemih juga meningkat. Hal ini biasanya terjadi pada mereka yang memiliki kelemahan pada otot panggul, meskipun dapat pula terjadi pada orang normal.

Untuk memastikan tidak ada penyebab lain yang mendasari keluhan Anda, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah urologi untuk dilakukan beberapa pemeriksaan.

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi:

5 Tanda Air Kencing Anda Tidak Normal

Sering Kencing Tak Terkontrol?

5 Tanda Kelainan Penis

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar