Sukses

Benjolan Pada Penis

04 Feb 2016, 17:59 WIB
Pria, 21 tahun.

salam. kurang dari 1 bulan yang lalu, saya melalukan ejakulasi, pada besoknya nyeri dan muncul benjolan di bagian dalam tengah batang penis setelah diraba ketika penis tidak dan ereksi. benjolan tersebut tidak begitu tmbul, namun ketika dirasa, itu terasa ada sesuatu yang menganjal. bentuk benjolan ketika diraba adalah lonjong, ukuranny 3 minggu lalu lebar 0.5cm, x 1 cm, sekarang 0.5cmx 0.5 cm. tidak tampak ada kelainan warna di penis, namum kadang ketika keluar prekum tampak keruh, tidak bening seperti biasanya. ini adalah pertama kalinya. kelihan lainnya tidak ada. saya belum menikah dan tidak berganti pasangan. mohon sekiranya dokter memberikan gambaran dan masukan untuk menangani kelainan ini. terima kasih,

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Benjolan pada penis dapat terjadi disebabkan oleh berbagai hal seperti infeksi (misalnya akibat hubungan seksual), kutil, moluskum, kista, pembesaran kelenjar getah bening penis, pembesaran pembuluh darah vena, ataupun yang berat seperti tumor (jinak/ganas). Jika disebabkan oleh infeksi umumnya disertai oleh keluhan lain seperti rasa nyeri dan gatal. Selain itu, gambarannya biasanya menandakan adanya peradangan seperti warna kemerahan, lepuh, atau berupa tukak/luka. Bila disekitar rambut kemaluan bisa saja disebabkan oleh penyumbatan atau infeksi saluran rambut. 

Perlu juga diketahui apakah terdapat pembesaran kelenjar getah bening di sekitar kemaluan, apakah terdapat gangguan seperti nyeri ketika berkemih, dan sebagainya. Untuk memastikan tentunya Anda harus memeriksakan alat kelamin Anda pada dokter yang kompeten, seperti dokter kulit dan kelamin. Dari sana, akan ditentukan pemeriksaan lanjutan atau pengobatan yang sesuai. Karena pemeriksaan fisik secara kasat mata tetap memegang peranan yang penting dalam diagnosa penyakit kulit dan kelamin. Jangan khawatir untuk berobat ke dokter, karena akan lebih baik jika diperiksakan sehingga jika terdapat kelainan yang lebih serius dapat diobati lebih dini. 

Berikut kami sertakan artikel untuk melengkapi informasi Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar