Sukses

Mencegah Gagal Ginjal
30 Jan 2016, 21:30 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok, saya mau tanya. Kakak saya ginjalnya bermasalah. Dia ingin tahu , apa saja pencegahan atau pengobatan untuk fungsi ginjal. Mungkin ada pengobatan secara herbalnya ?? Dia tidak ingin kalau sampai mengalami gagal ginjal. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Sebelumnya kami perlu mengetahui kakak Anda mengalami masalah ginjal yang seperti apa ? Penyakit ginjal dapat digolongkan menjadi :

1. Infeksi

2. Batu Ginjal

3. Kelainan Struktur Ginjal

4. Kanker

5. Trauma pada ginjal

6. Lainnya

Gagal ginjal sendiri merupakan kondisi di mana ginjal tidak dapat melakukan fungsinya untuk mengeluarkan sisa produk metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh.Terbagi menjadi gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronik. Gagal ginjal akut terjadi sementara dan dapat diperbaiki dengan segera keadaan yang menyebabkannya sedangkan gagal ginjal kronik merupakan keadaan di mana fungsi ginjal telah memburuk dalam waktu yang lama karena beberapa penyakit yang mendasari.

Gagal ginjal dapat disebabkan karena banyak hal, misalkan pada gagal ginjal akut dapat disebabkan karena perdarahan, batu ginjal, infeksi ginjal. Demikian juga dengan gagal ginjal kronik.

Tanda-tanda yang dapat Anda waspadai adalah:

- Jumlah urin yang sedikit.

- Warna urin yang semakin pekat

- Bengkak pada wajah, kaki dan gatal-gatal pada kaki.

- Rasa cepat lelah dan lemas.

- Kehilangan nafsu makan, mual dan muntah.

Untuk menjaga kesehatan ginjal, perlu memperhatikan konsumsi air yang dikonsumsi. Konsumsilah air minum minimal 2 Liter sehari. Kemudian Anda harus menghindari obat obatan yang dapat mengganggu kerja ginjal, mengurangi faktor resiko seperti diabetes, hipertensi dan penyakit batu.

Untuk Obat secara herbal jika sudah mengalami gagal ginjal sampai saat ini belum ada, yang dapat dilakukan jika terkena gagal ginjal adalah memperlambat proses kerusakan ginjal, dan jika sudah semakin berat maka terapi yang dapat dilakukan adalah cuci darah atau transplantasi ginjal. Silahkan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sub Ginjal dan Hipertensi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar