Sukses

Sikat Gigi Elektrik

01 Feb 2016, 11:07 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dokter, saya mau bertanya Saya baru memakai behel dan saya melihat di beberapa artikel di internet bahwa menggunakan sikat gigi elektrik lebih baik dan lebih praktis daripada menggunakan sikat gigi ortho Apakah itu benar dok? jika iya kira-kira merek apa yang bagus untuk gigi yang berbehel? Terima kasih dok

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Mohon maaf sebelumnya, dalam layanan ini Kami tidak dapat merekomendasikan suatu produk atau merk tertentu karena bertentangan dengan etika ptofesi. Sikat gigi elektrik pertama kali dibuat oleh suatu perusahaan di Amerika pada tahun 1960 yang memiliki bentuk kepala sikat seperti sikat gigi manual dengan gerakan vertikal dan horizontal. Tetapi sekarang design sikat gigi elektrik memiliki kepala sikat yang berputar dan oscilasi. Perputaran dan pergerakan sikat gigi elektrik dirancang mengikuti pergerakan tangan dengan jumlah putaran 3000-7000 permenit.

Telah dilakukan beberapa penelitian terkait kekurangan dan keunggulan sikat gigi elektrik dibandingkan sikat gigi biasa. Keunggulan sikat gigi elektrik meliputi :

  • Pembuangan plak lebih baik dibandingkan sikat gigi manual.
  • Plak pada bagian selah-selah gigi (proksimal) lebih dapat dihilangkan oleh sikat gigi elektrik, dimana pada sikat gigi manual plak dibagian ini sulit sekali terjangkau apalagi jika dilakuakan dengan metode penyikatan yang salah.
  • Sikat gigi eletrik akan sangat berguna pada orang-orang dengan keterbatasan fisik, anak-anak, manula dan pada orang yang sedang sakit atau mengidap penyakit tertentu..

Namun berdasarkan hasil penelitian pula dikatakan bahwa menyikat gigi dengan sikat gigi manual juga bisa mendapatkan hasil yang baik seperti menggunakan sikat gigi elektrik apabila dilakukan secara benar. Penggunaan sikat gigi elektrik juga  harus dilakukan dengan metode yang benar sesuai petunjuk ahli guna mencapai hasil yang optimal dan tidak mencederai jaringan mulut.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar