Sukses

Apakah Susu Hamil Menyebabkan Diare?
30 Jan 2016, 21:54 WIB
Wanita, 34 tahun.

dok, saya mau tanya??saya pernah diare selama 3 hari dan sempet keluar flek..tapi alhamdulillah sekarang sudah engga karena saya langsung cek ke dokter dan di kasih obat penguat selama 3 hari..yang ingin saya tanyakan, setiap saya minum susu (maaf) BAB saya tetap (maaf) mencret..Apakah saya harus berhenti sementara untuk minum susu??dan bagaimanakah kondisi janin klo tidak di beri susu??terimakasih dok sebelumnya, mohon jawabannya...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Diare dan muntah menunjukkan adanya inflamasi pada saluran cerna baik oleh infeksi (virus, atau bakteri) maupun iritasi makanan yang merangsang (terlalu pedas, terlalu asam, dll). 

Umumnya diare disebabkan oleh infeksi virus jadi akan membaik sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah menjaga agar asupan cairan (minum) selama kehamilan dalam jumlah cukup. Perhatikan juga pergerakan janin Anda, apabila Anda merasa terdapat penurunan gerakan janin maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter. Pilihan obat yang dapat dikonsumsi salah satunya attapulgite (untuk menghentikan diare), namun sebaiknya setelah melakukan pemeriksaan dan atas saran dokter.

Namun, pada kasus Anda, diare muncul setiap Anda meminum susu, bisa saja Anda alergi terhadap protein susu, atau memang bisa saja penyebab lain seperti yang sudah dijelaskan di atas. Coba Anda hentikan dulu konsumsi susunya dan lihat apakah diare berhenti setelah Anda berhenti minum susu. Jika ya, maka susu lah penyebab diare yang Anda alami. Tidak masalah jika Anda tidak meminum susu saat hamil, asalkan kebutuhan nutrisi, terutama kalsium terpenuhi dari makanan.

Yang terpenting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi janin dan ibu hamil adalah melalui makanan yang dimakan oleh ibu. Suplemen dan susu hanyalah tambahan. Kebutuhan kalori untuk ibu hamil lebih banyak dibandingkan sebelum hamil untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil terutama adalah:

  • Karbohidrat.  Pada bulan pertama, ibu butuh kalori ekstra agar pertumbuhan janin pesat
  • Protein: Untuk memperbaiki sel-sel dan jaringan-jaringan tubuh yang rusak. Protein yang dibutuhkan oleh ibu hamil lebih banyak (10 gram lebih banyak). Protein bisa didapatkan dari makanan sehari-hari seperti tempe, tahu, telur, dan daging.
  • Asam folat: untuk mendukung tumbuh kembang janin dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Sumber: bayam, tomat, jeruk, kol, selada.
  • Kalsium: berperan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, bisa didapatkan dari susu, sayuran hijau, dan kacang-kacangan.
  • Zat besi: mencegah anemia pada ibu dan mendukung pembentukan sel darah merah pada janin. Biasanya ibu hamil diberikan suplemen zat besi, sumber utama zat besi dari makanan adalah sayuran hijau (bayam).

Jika asupan gizi dan kondisi kesehatan Anda baik, maka Anda tidak perlu khawatir. Asupan terbaik untuk janin adalah makanan bergizi yang Anda makan. Suplemen yang umum diberikan adalah zat besi dan asam folat, serta vitamin B6 (untuk mual).

Jika diare berlangsung lebih dari 1 minggu, kunjungilah dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang merawat Anda untuk mendapatkan tatalaksana lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel mengenai obat-obatan pada ibu hamil :

Obat-obatan di dalam kehamilan

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar