Sukses

Bau Mulut karena Gigi Palsu ?

01 Feb 2016, 07:30 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok..setelah saya pasang gigi palsu beberapa minggu kemudian kok jadi bau mulut..kenapa y dok?? Gimana biar gk bau mulut?? Sdh berbagai merk pasta gigi sy coba..tapi tetap gk mempan.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir dan ketidaknyamana Anda terhadap kondisi bau mulut yang dialami. Sebelum membahas lebih lanjut ada hal yang perlu Kami tanyakan yaitu apakah jenis gigi tiruan/palsu yang digunakan ? Apakah jenis yang cekat atau lepasan ?. Memang penggunaan gigi tiruan dapat menimbulkan bau mulut pada pasien yang memakainya jika kebersihannya tidak terjaga dengan baik. Jika gigi tiruan yang Anda gunakan adalah jenis lepasan inilah  beberapa tips yang perlu Anda ketahui. 

  1. Gunakan pembersih yang direkomendasikan oleh dokter gigi Anda untuk membersihkan gigi palsu.
  2. Jangan menggunakan pasta gigi untuk membersihkan gigi palsu karena beberapa pasta gigi bersifat cukup abrasif bagi gigi palsu, penggunaan sabun sebagai pembersih masih diperbolehkan.
  3. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan gigi tiruan Anda, lebih diutamakan menggunakan sikat khusus untuk pembersih gigi palsu. Hindari penggunaan bulu sikat yang kasar karena dapat merusak permukaan gigi palsu.
  4. Bersihkanlah terlebih dahulu gigi palsu Anda sebelum digunakan dalam mulut.
  5. Hati-hatilah pada saat membersihkan gigi palsu, jangan sampai terjatuh dan berikan alas pada bagian bawah agar lebih aman.
  6. Bersihkanlah gigi palsu setiap hari untuk menghilangkan kotoran berupa sisa makanan dan agar dapat mencegah terbentuknya noda/stain.
  7. Guna  menjaga kelembaban gigi palsu maka apabila gigi palsu sedang tidak dipakai maka sebaiknya direndam dalam air atau dalam cairan pembersihnya tetapi jangan dalam air panas, atau lakukan sesuai rekomendasi dokter gigi Anda.

Bila Anda telah melakukan anjuran tips diatas dan kondisi mulut masih terdapat bau yang mengganggu, maka sebaiknya konsultasikanlah secara langsung dengan dokter gigi Anda. 

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

1 Komentar

  • Fau***

    Cara merawat gigi palsu yg permanen gimana dok'?.. biar tidak menimbulkan bau