Sukses

Singkong Sebagai Vitamin B17 dan Membunuh Kanker Hati?

02 Feb 2016, 12:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Salam Dok apakah singkong mengandung vitamin B17 yang apabila dikonsumsi secara teratus bisa mematikan sel kanker hati? Dan apa ada penelitian yang terkait? Terima kasih Salam

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com, 

Kami memahami kehawatiran Anda. Laetril (amygdalin) adalah suatu substansi yang berasal dari tumbuhan yaitu kacang-kacangan, dan terkadang diberi nama vitamin B17 meskipun sesungguhnya bukan merupakan vitamin. Dari sumber yang kami dapatkan, Laetril ini belum terbukti mampu menyembuhkan kanker, dan oleh karena masih kontroversial maka belum dipercaya sebagai substansi yang mampu mengobati kanker. 

Begitu pula dengan literatur/ kepustakan yang menyebutkan bahwa konsumsi singkong secara teratur dapat membunuh sel kanker, belum ada penelitian yang dapat membuktikan hal ini. Untuk itu kesimpulan efektivitas tumbuhan tersebut untuk menyembuhkan kanker sel hati belum dapat dipercaya. Apakah Anda atau keluarga sedang menderita penyakit ini? Konsultasi mendalam dengan dokter Anda sangat direkomendasikan, dan mengingat manfaat tersebut belum terbukti kami sarankan agar Anda tidak mengesampingkan pengobatan medis yang disarankan oleh dokter Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar