Sukses

Jumlah Gigi Lebih

31 Jan 2016, 19:24 WIB
Pria, 0 tahun.

apakah hyperdontia berbahaya? saya punya kelainan gigi lebih yg tumbuh diatas rahang,belakang gigi seri. apakah membutuhkan operasi?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami rasa khawatir Anda terhadap kondisi gigi Anda. Jumlah gigi pada orang dewasa adalah 32 buah, yang terdiri dari 16 pada rahang atas dan 16 pada rahang bawah. Jumlah gigi yang melebihi jumlah yang normalterkadang dapat ditemukan pada sebagian orang.

Gigi tambahan ini dapat muncul dimanapun dalam rongga mulut dan bisa lebih dari satu, bisa pula terdapat pada satu atau kedua sisi rahang dan bisa juga tumbuh secara sempurna dalam rongga mulut atau hanya ‘terbenam’dalam tulang dan tidak tumbuh. Jumlah gigi yang melebihi dari jumlah normal dikenal dengan istilah supernumerary teeth dalam dunia kedokteran gigi.

Penyebab Jumlah Gigi Berlebih / Supernumerary Teeth

Penyebab keadaan ini  belum dapat dipastikan, namun berdasarkan beberapa teori hal tersebut dikaitkan dengan faktor lingkungan dan keturunan. Tetapi secara umum, jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth dikaitkan dengan beberapa penyakit dan sindrom.

Masalah yang dapat ditimbulkan:

  1. Susunan gigi tidak rapih.
  2. Mengganggu estetik terutama apabila gigi ini terdapat pada bagian depan.
  3. Gangguan tumbuhnya gigi tetap.
  4. Gangguan pada akar gigi.
  5. Penyakit sub-akut perikoronitis.
  6. Keradangan pada gusi.
  7. Abses pada jaringan pendukung gigi.
  8. Terbentuknya karang gigi pada daerah yang sulit dibersihkan akibat susuan gigi yang tidak rapih.
  9. Kesulitan pada perawatan orthodontik/behel dan pada pemasangan implant gigi.
  10. Penyakit kista dentigerous.

Penanganan Jumlah Gigi Berlebih / Supernumerary Teeth

Jumlah gigi berlebih / supernumerary teeth yang tidak tumbuh hanya dapat terdeteksi pada saat pemeriksaan x-ray. Gigi ini perlu dicabut apabila berindikasi menimbulkan gangguan, tetapi pada keadaan yang tidak mengganggu gigi ini tidak perlu dicabut namum tetap harus di perhatikan dalam pengawasan dokter gigi. Pada kondisi yang Anda alami ini diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan perawatan yang terbaik.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar