Sukses

Mengurangi Mual di Pagi Hari pada Kehamilan
02 Feb 2016, 11:52 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slmt pagi sy mau tnya khmilan 9 minggu ngilangin mual gmn yaa...

dr. Fitri Juniarta

Dijawab Oleh:

dr. Fitri Juniarta

Ibu/Saudari yang terhormat,

Terima kasih karena telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati Anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya.

Kami memahami bahwa rasa mual adalah keluhan yang paling sering dirasakan dan membuat rasa tidak nyaman khususnya pada awal-awal kehamilan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengurangi/mengatasi rasa mual pada ibu hamil, di antaranya adalah:

  1. Makanlah hidangan dalam porsi kecil namun dengan frekuensi yang lebih sering. Lambung yang kosong dapat meningkatkan rasa mual. Makanan tinggi protein atau yang mengandung karbohidrat kompleks (seperti gandum, beras merah, kacang kedelai, buah jeruk dan pir, aneka sayuran) dapat membantu mengurangi rasa mual.
  2. Untuk saat ini hindari makanan yang padat, pedas, asam, atau digoreng, serta makanlah lebih sedikit lemak.
  3. Simpan/letakkan biskuit polos atau kraker di samping tempat tidur. Anda dapat mengudap sedikit lalu kembali beristirahat sebelum bangun dari tempat tidur.
  4. Jagalah kadar air tubuh Anda, akan tetapi cobalah untuk minum hanya di antara waktu makan dan kurangi minum sambil makan.
  5. Pilihlah makanan yang rasanya hambar dibandingkan makanan dengan rasa yang kuat sebab hal ini dapat membuat Anda merasa lebih baik. Yang termasuk pilihan yang baik antara lain adalah biskuit kering dan yogurt.
  6. Ciumlah aroma irisan lemon. Anda juga dapat menambahkan beberapa irisan lemon pada air minum Anda.
  7. Minumlah air jahe atau makanlah biskuit jahe. Jahe diketahui dapat mengurangi rasa mual dan membuat perut terasa lebih nyaman.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FJ)

 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar