Sukses

Nutrisi Yang Dapat Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Sperm

30 Jan 2016, 21:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

slmt pg dokter, makanan apa sja yg dpt meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma?terimakasih

Ibu/Saudari yang terhormat

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. Semoga kami selalu mendapat tempat di hati anda sebagai sumber informasi kesehatan yang akurat dan terpercaya. 

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan anda.

Secara umum, untuk menunjang pembentukan sperma dengan kualitas dan kuantitas yang baik, diet nutrisi seimbang sangat diperlukan. Seorang pria harus mendapatkan asupan makronutrien dan mikronutrien yang cukup. Makro nutrien terdiri dari karbohidrat dengan proporsi 50-60 %, lemak dengan proporsi 20-30%, dan protein dengan proporsi 15-20% dari total asupan makanan harian.

Selain itu, berbagai penelitian menunjukkan bahwa zink, selenium, dan omega 3 bermanfaat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma laki-laki. Makanan yang kaya akan zink antara lain: kacang-kacangan, biji-bijian, daging, keju, kerang, dll. Makanan yang kaya akan selenium antara lain: telur, brokoli, jamur, bayam, oat, salmon, asparagus, dll. Selanjutnya, makanan yang kaya akan omega 3 antara lain: ikan salmon, telur, daging, buah kenari, dll

Selain nutrisi, untuk menunjang pembentukan sperma yang baik, seorang laki-laki perlu mengurangi kebiasaan merokok, minum alkohol, memakai celana dalam ketat, dan berendam air panas. Mengurangi berat badan dan mencegah stres juga dapat bermanfaat meningkatkan kualitas dan kuantitas sperm.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (RF)

Salam sehat selalu.  

0 Komentar

Belum ada komentar