Sukses

Gigi Bayi Kuning dan Keropos

31 Jan 2016, 19:20 WIB
Wanita, 26 tahun.

salam. dok, anak sya berumur 1 thun 5 bulan, sudah punya 12 gigi, namun 4 gigi depan yang atas kok mulai keropos ya dok dan agak kuning, anak sya memng suka menggesekkan gigi2 nya, padahal sya rajin membersihkan giginya. apa anak sya kurang kalsium atau gimana dok? bagaimana tips agar bisa menghentikan kebiasaan anak sya? terimakasih atas jawaban nya.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda terhadap kondisi gigi anak Anda. Kerusakan pada gigi bayi atau balita yang umum adalah karena pola makan yang salah dan kebersihan giginya yang tidak maksimal. Pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam jangka waktu yang lama bahkan sampai tertidur sangat beresiko merusak gigi hingga gigi menjadi berlubang. Apakah dalam memberikan susu pada anak Anda menggunakan botol dot? Apakah diberikan sampai anak tertidur? apakah diberikan dalam jangka waktu yang lama dan sering menggunakan botol dot? Bagaimana dengan kebersihan giginya? Apakah disikat atau dibersihkan dengan menggunakan sesuai dengan cara yang benar ?. Perlu Anda ketahui bahwa pemberian susu atau minuman manis lainnya dalam botol dot dalam jangka waktu yang lama atau sering atau sampai anak tertidur adalah suatu kebiasaan yang sangat destruktif bagi gigi anak terlebih lagi jika gigi anak tidak terjaga kebersihannya.

Agar bisa menghentikan kebiasaan buruk pada anak sebaiknya dilakukan dengan cara bertahap dan perlu suatu pengalihan. Dalam hal ini sebaiknya konsultasikan keadannya ke dokter gigi atau dokter gigi spesialis anak, kontrol gigi anak sebenarnya direkomendasikan sejak tahun pertama dari usia anak.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar