Sukses

Keluar Darah Pasca Berhubungan Seksual

29 Jan 2016, 12:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

pagi dok, saya ingin bertanya knp y setiap saya berhubungan intim dengan suami saya keluar darah?..tapi setelah saya bersihkan vagina saya darahnya udh gk keluar lagi. knp y dok bisa begitu trs berbahaya gk dok?.. mohon di jawab y dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com,

Apakah keluhan keluar darah hanya setelah berhubungan? Apakah darah hanya keluar sesaat atau terus menerus hingga beberapa hari? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan?

Bila keluhan darah keluar setelah berhubungan kemungkinan hal tersebut adalah post coital bleeding. Perdarahan setelah berhubungan seksual atau postcoital bleeding dapat terjadi karena beberapa alasan, misalnya erosi di vagina dikarenakan baru pertama kali berhubungan sehingga jaringan pintu vagina masih sempit, akibatnya penetrasi (penis masuk ke vagina) menyebabkan perobekan jaringan vagina. Hal ini terutama terjadi bila wanita masih belum penuh terangsang (belum banyak dihasilkan pelumas vagina), hal ini dapat menyebabkan gesekan yang mengakibatkan luka atau lecet. 

Apabila perdarahan yang timbul hanya sedikit dan tidak berlanjut, Anda tidak perlu merasa khawatir karena mungkin perdarahan tersebut timbul akibat robekan pada vagina (misal karena kekeringan, kondom, gesekan kuat, kuku jari, dsb). 

Namun jika darah yang keluar cukup banyak disertai rasa nyeri sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar