Sukses

Nyeri Kepala Tidak Kunjung Sembuh

29 Jan 2016, 11:59 WIB
Pria, 20 tahun.

Sudah 3 hari Kepala nyut-nyutan dan sudah minum obat umum (panadol) tidak sembuh. Apa permasalahannya ya dok?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.com,

Sakit kepala atau headache atau sefalgia sering menjadi keluhan seseorang berobat ke dokter. Sakit kepala, seperti nyeri dada atau nyeri punggung, mempunyai berbagai macam penyebab.   Sayangnya Anda tidak menyertakan gejala nyeri kepala Anda secara lebih mendetail, apakah nyeri terutama dikedua sisi kepala atau hanya satu sisi? Bagaimana dengan rasa nyeri yang dirasakan, apakah terasa berat, terasa berdenyut, terasa tegang? Apakah pencetusnya, apakah kurang istirahat, makan tidak teratur, dll?

Sakit kepala dibagi2, yaitu sakit kepala primer dan sakit kepala sekunder. Sakit kepala primer adalah sakit kepala tanpa penyebab yang jelas dan tidak berhubungan dengan penyakit lain. Contohnya adalah sakit kepala tipe tensión, migren atau cluster.  Sakit kepala sekunder adalah sakit kepala yang disebabkan oleh penyakit lain. Contohnya adalah infeksi virus, adanya pendesakan di dalam tengkorak oleh tumor, cairan otak, darah, dan kematian jaringan otak serta stroke.

Sementara itu, Hal yang dapat dilakukan jika mengalami sakit kepala adalah:

  • Istirahat

  • Hindari stres dan faktor-faktor lain yang dapat memperberat nyeri kepala

  • Minum obat sakit kepala yang dijual bebas

  • Jika keluhan tidak berkurang segera hubungi dokter

Keluhan sakit kepala ringan pada umumnya akan reda dengan obat-obat sakit kepala yang dijual bebas yang sudah mengandung penghilang rasa nyeri, seperti mengandung paracetamol ataupun asam mefenamat. Jika nyeri terus berlanjut, maka ada kemungkinan keluhan bukan sakit kepala biasa dan perlu konsultasi dengan dokter secara langsung agar pengambilan data dapat dilakukan lebih lengkap. Begitu pula, keluhan sakit kepala yang berulang dan semakin berat ataupun semakin sering sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar