Sukses

Muntah Disertai Darah Saat Hamil

29 Jan 2016, 08:35 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok saya sedang hamil 2 bulan.. saya mengalami mual mual yg membuat saya tidak nyaman... pada saat saya muntah disertai dengan darah berwarna merah segar.... Sebenarnya apa yg terjadi pada saya... apakah membahayakan kandungan saya,???Terimakasih. Novi - Pamulang

 

Terimakasih atas kepercayaan anda pada klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Pertama-tama harus kami konfirmasi terlebih dahulu apakah darah yang keluar berwarna merah segar atau kehitaman seperti aspal. Kedua hal tersebut dapat membedakan berasal dari manakah darah yang keluar. Darah yang bewarna segar mengindikasikan terdapat perdarahan pada saluran cerna bagian atas, sedangkan warna hitam mengindikasikan adanya perdarahan saluran cerna bagian bawah.

Muntah saat hamil biasanya terjadi dengan intensitas yang sering, jika disertai darah kemungkinan besar telah terjadi iritasi di saluran pencernaan dikarenakan muntah yang terjadi pada ibu hamil sebagian besar yang keluar adalah asam lambung, sehingga resiko terjadi iritasi di saluran pencernaan menjadi besar. 

Luka pada lambung disebut tukak lambung atau dalam bahasa medis disebut ulkus gaster. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, namun pada umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri helicobacter pylori, konsumsi obat-obatan seperti obat anti radang bukan steroid / NSAID serta makanan atau minuman yang merangsang asam lambung (contoh: alkohol).

Oleh karena muntah darah atau dalam bahasa medis disebut hematemesis merupakan suatu kondisi yang berbahaya, jika jumlahnya dalam jumlah banyak, sebaiknya Anda segera konusltai ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk mendapatkan tatalaksana yang optimal. Penanganan yang dilakukan pada umumnya adalah memberikan obat-obatan yang antara lain dapat:

- menghambat pengeluaran zat asam lambung, umumnya golongan penghambat pompa proton atau

  penghambat reseptor H2

- menetralkan asam lambung, misal: antasida

- melapisi permukaan lambung, misal: sukralfat, dsb

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (KM)

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar