Sukses

Bronkitis

29 Jan 2016, 18:44 WIB
Wanita, 24 tahun.

Sore dokter, saya melakukan cek kesehatan dan diagnosa bronkitis disertai penebalan pleura di hemithorax kanan. Apakah dokter bisa jelaskan lebih detail tentang hasil diagnosa saya? Penyebab dan gejala dari penyakit ini apa dan bagaimana perobatannya. Apakah penyakit ini berbahaya? Berikut laporan dari X foto thorax: Cor tidak membesar Hilus dan mediastinum tidak melebar Corakan bronchovaskuler tampak prominent Tidak tampak gambaran edema/infiltrat Tidak tampak gambaran pneumothorax/efusi Sinus kiri dan diafragma kanan dalam batas normal Diafragma kiri tampak kabur Sinus kanan tumpul, fissura minor menebal Kesan: Cor dalam batas normal Pulmo: gambaran bronkhitis disertai gambaran penebalan pleura pada hemithorax kanan Saya mengharapkan bantuan dokter untuk menjelaskan tentang hasil diagnosa saya. Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com

Sebelumnya kami dapat menjelaskan sedikit mengenai bronchitis. Bronchitis ada peradangan yang terjadi pada membran mukosa bronchus(saluran pernafasan lanjutan dari trakea). Bronchitis bisa dalam bentuk akut dan kronis. Bronkitis akut ditandai dengan gejala batuk dengan atau tanpa dahak, dapat ada gejala sesak dan nyeri dada. Bronchitis akut dapat disebabkan oleh virus ataupun bakteri. Bronkitis kronik merupakan penyakit dalam kelompokk penyakit PPOK yaitu ditandai dengan batuk lama labih dari 3 bulan atau paling paling tidak 2 tahun. 

Kami anjurkan Sdri/Ibu untuk konsultasi lagi ke dokter penyakit dalam atau penyakit paru dan  menanyakan apakah perlu untuk foto rontgen lagi untuk memastikan. 

Maaf atas keterbatasan jawaban kami, sebab untuk menyingkirkan atau mendiagnosa penyakit di paru-paru atau dada memerlukan pemeriksaan lebih detail. 

Demikian jawaban yang kami dapat berikan, semoga bermanfaat 

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar