Sukses

Sering Sariawan dan Obatnya

29 Jan 2016, 07:39 WIB
Pria, 28 tahun.

halo dok, obat sariawan paling bagus apa yah dok? krn hampir sering saya kena sariawan. trim's

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sariawan atau SAR merupakan penyakit yang umum ditemukan dan penyebabnya belum dapat dipastikan tapi terkait dengan beberapa faktor seperti stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 7-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Seperti pada kasus Anda, perlu dihindari faktor-faktor yang memicu timbulnya sariawan, seperti stres dan kelelahan. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik terhadap kondisi jaringan mulut Anda.

Obat-obatan untuk mengatasi SAR diberikan sesuai dengan tingkat keparahan lesi.Untuk kasus ringan, jenisnya bisa berupa obat salep yang berfungsi sebagai topical coating agent yang melindungi lesi dari gesekan dalam rongga mulut saat berfungsi dan melindungi agar tidak berkontak langsung dengan makanan yang asam atau pedas. Selain itu ada juga salep yang berisi anestesi topikal untuk mengurangi rasa perih. Obat topikal adalah obat yang diberikan langsung pada daerah yang terkena (bersifat lokal).

Pada kasus yang sedang hingga berat, dapat diberikan salep yang mengandung topikal steroid. Dan pada penderita yang tidak berespon terhadap obat-obatan topikal dapat diberikan obat-obatan sistemik. Kami anjurkan anda untuk memeriksakan diri kepada dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar