Sukses

Efek Gangguan Tidur

29 Jan 2016, 19:03 WIB
Pria, 18 tahun.

Pagi, Dok saya karyawan pabrik baru bekerja 1 bulan dan baru mendapatkan kerja malam 2 minggu, minggu 1 berjalan lancar tapi minggu ke 2 sudah 3 hari saya sakit, 3 hari itupun penyakitnya berbeda, yg prtama pusing, hr ke2 sakit perut dan ke 3 mual2. Semua penyakit ini mulai dirasa steleah jam 12 malam (msk krja jam set 9pm) tapi usai subuh badan saya srasa normal lagi. Pertanyaan pertama, kenpa ini bsa terjadi? padahal pola makan dan tidur saya gak berubah2. Pertanyaan kedua, kenapa trjadinya ditengah malam dan berakhir ketika subuh? Smoga dokter bisa membantu saya, terima kasih

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Setiap orang memiliki waktu 24 jam dalam sehari, ada waktu untuk beraktivitas, ada waktu untuk beristirahat, sayangnya untuk sebagian orang waktu ini tidak cukup sehingga mereka terpaksa tidur lebih sedikit, atau biasa disebut begadang

Begadang sama sekali tidak mendatangkan kebaikan bagi tubuh kita, pertama kita akan bangun dalam keadaan yang tidak segar, akibatnya Anda akan letih dan kurang berkonsentrasi sepanjang hari. Kedua, saat tidur tubuh kita berusaha mengganti sel-sel yang rusak, hal yang paling sederhana dapat Anda lihat pada kulit, mereka yang bergadang biasanya memiliki masalah dengan jerawat, dan yang ketiga begadang merusak kecantikan tubuh Anda, Anda akan menjadi gemuk! Tidak salah? Tidak. Besar kemungkinan untuk terbentuknya tubuh yang obesitas atau kelebihan berat badan.

Mengapa demikian? Tubuh kita mengatur kapan rasa lapar timbul, dan kapan rasa kenyang muncul. Ketika kita bergadang, tubuh lebih banyak menghasilkan hormon ghrelin, dan lebih sedikit menghasilkan hormon leptin. Hormon ghrelin memicu seorang manusia merasakan lapar, sementara hormon leptin melakukan yang sebaliknya, membuat kita merasa kenyang.

Selain karena rangsangan dari hormon ghrelin, tentu saja setiap makanan yang dimakan pada larut malam, jumlah kalori tersebut akan terdeposit didalam tubuh dalam jumlah besar dan menjadi lemak, apalagi makanan yang dikonsumsi pada jam-jam tersebut biasanya seputar mie instan dan makanan cepat saji yang buka 24 jam.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar