Sukses

Sumbatan Saluran Telur

27 Jan 2016, 15:39 WIB
Wanita, 25 tahun.

selamat malam dok, saya mau tanya. kemaren saya melakukan tes hsg atas saran dokter kandungan dimana saya periksa. kemudian setelah hasil hsg keluar, dokter bilang bahwa saluran telur disebelah kiri saya tidak berfungsi dikarenakan infeksi, jadi hanya bisa mengandalkan saluran telur yang sebelah kanan. dan kata beliau tidak bisa diobati. yang saya tanyakan apakah benar jika saluran telur telah terinfeksi oleh kuman, bakteri ataupun jamur tidak bisa diobati? apa yang menyebabkan saluran telur terinfeksi sehingga menghalangi cairan sperma yang akan masuk? terimakasih penjelasannya.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami, saluran telur yang tidak berfungsi artinya saluran telur Anda mengalami sumbatan. Iijinkan saya menjelaskan sedikit mengenai sumbatan tuba falopii (saluran telur).

Dalam dunia medis sebetulnya kondisi sumbatan cukup umum ditemui. Salah satu penyebab sumbatan tuba adalah perlengketan. Sumbatan tuba umumnya terjadi karena infeksi dari saluran tuba. Infeksi dapat terjadi akibat Infeksi Menular Seksual (IMS) yang menyebabkan Penyakit Radang Panggul, atau riwayat operasi sebelumnya, penyakit sistemik seperti TBC, hingga perlekatan yang diakibatkan endometriosis dan kanker di sekitar tuba.  

Salah satu cara membuka perlengketan adalah dengan hidrotubasi dilakukan dengan menyemprotkan cairan ke dalam rongga rahim untuk menekan tuba falopi agar sumbatan terbuka. Yang digunakan biasanya cairan infus atau aqua destilata yang bersifat antibiotika. Namun tentu penanganan tuba tertutup tergantungd ari kondisi setiap pasien dan lebih baik didiskusikan dengan dokter kandungan secara langsung yang telah melakukan pemeriksaan terhadap diri Anda. Jika Anda ingin mengetahui pilihan penanganan tuba tersumbat yang lain, coba tanyakan ke dokter spesialis kandungan secara langsung karena kami yakin beliau telah memeriksakan kondisi Anda dengan seksama.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat. 

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar