Sukses

Cara Menjernihkan Mata dan Air Rebusan Sirih

29 Jan 2016, 07:22 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, kalau menjernihkan mata dengan rebusan sirihkan salah, trus dengan apa dokter untuk mengembalikan putih mata yg keruh

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kandungan daun sirih memang memiliki kemampuan untuk mematikan bakteri, mematikan jamur, dan juga memiliki peranan sebagai antioksidan. Karena itu, daun sirih telah lama digunakan sebagai antiseptik untuk pengobatan luka luar. Namun rebusan air sirih juga memiliki sifat pH asam. Yang jika bereaksi dengan air mata yang melapisi permukaan mata akan membuat pH semakin asam. Perubahan pH ini dapat menimbulkan kerusakan pada permukaan mata, yaitu pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva. Oleh karenanya hindarilah penggunaan air rebusan daun sirih untuk membersihkan mata. Selain itu daun sirih yang tidak steril juga dapat mengandung mikroorganisme yang justru akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi mata.

Mata tidak jernih (berwarna kemerahan atau kekuningan) dapat disebabkan oleh beberapa hal. Namun sebelumnya, apakah ada gejala lain selain warna mata Anda keruh, bagaimana warna mata Anda, apakah kemerahan atau kekuningan? Karena warna yang berbeda memiliki penyebab yang berbeda. Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan perubahan warna mata adalah:

  • Iritasi oleh debu dan sinar matahari
  • Proses degenerasi mata (pingecuela)
  • Gangguan metabolik khususnya hati memberikan warna kekuningan terhadap mata

Agar mata jernih jernih, cobalah hindari paparan berlebihan dengan sinar matahari dan debu. Kemudian konsumsi cukup vitamin, air mineral, cukupi waktu tidur, hindari terlalu lama menatap layar komputer/telepon, dan pakailah kacamata hitam bila matahari terlalu terik. Namun jika dirasa sudah menganggu kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk pengobatan yang lebih menyeluruh.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar