Sukses

Selesai Berobat TB, Ditolak Kerja

27 Jan 2016, 14:24 WIB
Pria, 25 tahun.

Begini dok singkat saja. Saya sudah coba cari di internet tentang mantan pengidap penyakit tbc. Dulu tahun 2008 saya mengidap tbc tetap sesuai anjuran dokter dan 6bulan menjalani pengobatan akhirnya saya sembuh. Ditahun 2013 saya pernah mendaftar di salah satu bank. Diakhir perjalanan panjang tes akhirnya saya dinyatakan tidak lolos karena ada flek yg kemungkinan tb. Setelah itu saya cek ke dokter dan dikatakan itu adalah bekas yg ditimbukkan dari penyakit saya dulu. Berkaca dari pengalaman dahulu saya skrng melamar diperusahan bank daerah dan saya sangat takut akan terjadinya hal yg salam skrng. Sebelum menjalani tes kesehatan saya sempat cek paru2 saya dan flek tersebut masih ada. Padahal selama ini saya sudah merasakan kesembuhan dan tidak pernah batu atau gejala seperti dulu. Saya pernah dengar katanya saya harus mendapatkan surat keterangan bebas tb atau surat keterangan dari dokter paru. Mohon bantuannya dok. Dimana saya bisa mendapatkan dan apa yg harus saya lakukan. Apakah hal tersebut bisa membantu saya?

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Penyakit TB (Tuberkulosis) Paru dapat disembuhkan, namun hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Hingga kini, belum ada obat TB terbaru yang dapat menyembuhkan TB dalam waktu yang singkat. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 (pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Pada penderita TBC yang sedang dalam pengobatan, perlu dilakukan pemeriksaan ulangan untuk mengetahui apakah pengobatan berhasil atau tidak. 

Hasil pengobatan dapat diketahui setelah pemeriksaan dahak dan rontgen ulangan untuk mengetahui kondisi paru. Jika memang terbukti gagal maka akan dilakukan evaluasi ulang dan pemeriksaan kekebalan bakteri, untuk kemudian diobati dengan obat yang lebih kuat untuk mengatasi kuman TBC tersebut.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa saat ini TB Anda tidak dalam kondisi relaps atau kambuh, caranya Anda dapat melakukan pemeriksaan dahak di dokter. Apabila hasil pemeriksaan negatif, maka Anda disarankan untuk kembali ke dokter yang melakukan pengobatan TB Anda pada saat dahulu dan meminta keterangan bahwa Anda telah menyelesaikan pengobatan TB sampai dengan selesai. 

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar