Sukses

Siklus Menstruasi Tidak Teratur Pasca Berhenti KB

15 Feb 2016, 05:30 WIB
Wanita, 29 tahun.

saya saat ini sedang promil anak kedua setelah 4tahun sy KB suntik 3 bulan. tapi setelah sy lepas dr KB itu siklus menstruasi sy jd tdk teratur. pdhl sblmnya selalu teratur 29hari. apakah itu berpengaruh pd promil sy saat ini ya? mohon bantuannya

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

 

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kembalinya kesuburan yang ditandai dengan teraturnya siklus menstruasi setelah berhenti KB suntik memang memerlukan waktu yang bervariasi. Pada pemakaian KB suntik 3 bulan (KB suntikan progestin), siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan.

Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Apabila saat ini Anda masih berada dalam waktu 6-12 bulan pasca pemakaian suntikan KB dihentikan, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun apabila sudah melewati jangka waktu 6-12 bulan, siklus haid Anda belum kembali normal juga, kami menyarankan agar Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar