Sukses

Berat Badan dan Sulit Hamil
25 Jan 2016, 13:36 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok mau tanya dong, apakah berat badan itu akan ngaruh kalo saat promil. Misalnya kalo kegemukan harus ngurusin dulu

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.

Kegemukan memang dapat menimbulkan berbagai masalah dan komplikasi seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, stroke, batu empedu, radang sendi, dan gangguan kesuburan/kesulitan hamil. Gangguan kesuburan akibat kegemukan dapat terjadi pada pria maupun wanita.

Beberapa akibat kegemukan terhadap kesuburan wanita diantaranya adalah:

  1. Masalah ovulasi (pengeluaran sel telur)

Wanita obesitas terancam untuk mengalami gangguan keseimbangan hormon yang dapat menyebabkan gangguan dalam menstruasi sehingga dapat menyebabkan siklus pengeluaran sel telur menjadi terganggu juga. Hal ini dapat menyebabkan kesulitan untuk hamil.

  1. Masalah pada proses pembuahan

Selain masalah pengeluaran sel telur, pada para wanita yang kegemukan namun memiliki siklus menstruasi yang normal dan dapat mengeluarkan sel telur secara normal, ditemukan tetap saja sulit untuk hamil. Hal ini diduga karena pengaruh hormon leptin yang berfungsi mengatur nafsu makan dan pengeluaran energi juga ternyata menghambat proses pembuahan sel telur oleh sperma.

  1. Meningkatkan risiko terjadinya keguguran

Pada penelitian lebih lanjut juga ditemukan bahwa wanita obesitas cenderung lebih berisiko untuk mengalami keguguran dalam kehamilan.

  1. Pembentukan sel telur yang tidak sempurna

Pada penelitian yang meneliti sel telur wanita yang kegemukan ditemukan bahwa sel telur yang diproduksi oleh wanita yang kegemukan juga cenderung tidak normal. Susunan kromosom (pembawa pesan genetik) dalam sel-sel telur wanita yang kegemukan ditemukan tidak normal sehingga tidak mungkin terjadi pembuahan.

Meskipun begitu, wanita yang terlalu kurus juga dapat menyebabkan gangguan kesuburan. Menjalankan pola hidup sehat, dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, beristirahat dengan teratur, menghindari stres dan berolahraga teratur dapat membantu keseimbangan hormon sehingga memudahkan untuk terjadinya kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

0 Komentar

Belum ada komentar